Saturday, August 16, 2014

Renungan: Nilai yang memuaskan??



Pelajar tak akan pernah lepas dari yang namanya belajar, ujian, dan mendapatkan nilai. Apakah nilainya bagus atau nilainya buruk. Pertanyaannya apakah nilainya memuaskan? Atau bagaimana nilai yang memuaskan menurut para pelajar.
Benar sekali, raut wajah akan sangat menunjukkan ketika pelajar melihat nilainya. Ada yang memasang wajah senang, ada biasa-biasa aja, ada juga yang merengut. Kenapa bisa begitu, itu lah yang menunjukkan mereka puas dengan nilai mereka atau tidak.
Ada yang mendapat nilai sudah lumayan tinggi, tapi karena kawannya dapat nilai tinggi, jadi tidak merasa puas. Contohnya: ketika ujian mereka bekerja sama, bahkan dia membantu kawannya itu, tapi malah dia yang mendapatkan nilai bagus, sehingga dia menggerutu. Atau seseorang yang menurut anggapannya lebih bodoh dari dia mendapatkan nilai yang lebih tinggi sehingga dia tidak terima, sehingga iri terhadap orang itu.
Ada yang mendapat nilai tinggi atau pun rendah, tapi dia biasa saja, tidak merasa puas ataupun kecewa. Contohnya: seorang yang sangat pintar di antara pelajar lainnya mendapatkan nilai yang fantastis, tapi dia merasa biasa saja, karena menurutnya itu sudah wajar karena dia belajar dengan giat dan jenius. Sebaliknya seorang yang sangat bodoh dan bandal, ketika mendapat nilai rendah tidak marah, bahkan bangga karena rekornya tidak terkalahkan, hahaha.
Ada yang mendapatkan nilai yang pas-pasan ataupun rendah atau bahkan tinggi, sudah merasa puas. Ini adalah ciri orang yang sangat jarang ada, kenapa? Biasanya ini adalah orang yang berusaha keras, dan bahagia dengan apapun hasil yang didapatnya. Ketika orang lain yang suka mencontek mendapatkan nilai lebih tinggi, dia tidak akan iri, karena dia kenal kemampuannya, dan yakin semua tidak sia-sia. Ketika dia mendapatkan nilai yang lebih tinggi, dia tidak akan menyombongkan diri, tapi tetap berusaha giat belajar. Karena dia tahu bagaimana caranya bersyukur dan menjaga dirinya agar lebih percaya diri. Pertanyaannya, kamu orang yang seperti apa??
Salam Harjoshrian…

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE