Sunday, May 24, 2015

SHARING


Hari ini aku sharing pangjang lebar dengan temanku, kalau digabung, kami itu ada sharing selama 3 jam. Kalau kupikir-pikir, kok bisa selama itu ya? Aku kan bukan tipe orang yang suka bercerita. Ternyata tanpa kusadari, aku juga banyak cerita dalam sharing itu. Ketika aku mulai terbuka kepada orang lain dalam bercerita, aku capcus aja, semua ibarat gak ada penghalng untuk bercerita.
Apa sih bagusnya sharing?
Ketika ditanya dalam hal itu, aku biasa2 aja, aku gak terlalu merasa gimana2. Belakangan aku pun tahu, ternyata ketika aku merasa biasa2 aja, aku sharing belum total, masih sebagian2. Hahaha, lucu juga sih, tapi itulah yang kurasakan. Begitu juga dengan hari ini, ketika kami berdua bisa saling berbagi kondisi, dan aku percaya padanya dan menceritakan bagian ku juga. Ada perasaan yang lepas dalam diriku. Sesuatu yang mungkin orang lain jarang tahu, bisa ku bagikan, seperti gimana gitu. Aku merasa senang sekali. Wow, plong rasanya. Tapi masalahnya aku gak bisa seperti itu kepada semua orang, hanya kepada beberapa orang aja. 
Senang juga ketika teman sharing kita itu juga terbuka dengan kita, berarti kita menjadi orang yang dipercaya dalam hal itu. Yah banyak lah pengalaman aku sharing.
Ketika orang lain menyepelekan hal yang namanya SHARING, segera lah cabut. Karena menurutku, sangat beruntung seseorang kalau masih ada orang lain yang sharing padanya. Minimal masalah itu gak ditanggungnya sendiri, bisa saling berbagi memberi solusi. Dan walaupun tidak mnedapatkan solusi, ada perasaan lepas dalam hati kita.
Dalam hal sharing, ada sesuatu yang mungkin sangat sulit kita ceritakan kepada orang lain, yaitu dosa yang kita lakukan. Dosa yang sangat kita jaga rapat, cuma kau dan tuhan yang tahu. Saranku, janganlah ditutup2i, maka dosa itu akan semakin besar, bukan jadi hilang eh malah makin menjadi. Itu memang sangat sulit diceritakan, tapi tetap bisa diceritakan. Ketika kita membukakan yang spesifik tentang ini, kita akan lepas. Minimal ada yang mengingatkan kita untuk tidak melakukan itu lagi. 
Ketika aku mendengar cerita seseorang, dan agak menyentuh dan mirip denganku sama seperti ini, aku jadi mau nangis, mataku tadi udah berkaca-kaca, untuk aja lampunya gak terang kali, jadi tidak kelihatan. Itu lah dahsyatnya hal sharing. Banyak yang bisa kita dapatkan dari jalan kehidupan seseorang atau dari cerita masalahnya, yang bisa membuat kita makin dewasa dan dewasa. Ketika kita bisa mendengarkan dengan baik dan memberikan solusi, sangat bagus hasilnya. Sehingga ketika kita jatuh dalam hal yang sama, tetap ada yang mengingatkan kita, yaitu teman sharing kita yang bisa saling mendukung dalam doa.
Tetaplah semangat sharing, jangan keras ketika sharing, nikmatilah. Seru dan mengasyikkan.
Semangat buat sharingnya.
Tuhan Yesus memberkati.
Salam harjoshrian.

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE