Sunday, October 5, 2014

Renungan: Kecewa? Pantaskah?



Pernahkah kalian merasa kecewa? Pasti pernah ya kan,. Begitu juga dengan diriku sangat banyak yang membuat aku kecewa. Contohnya: dalam pelayanan, pengurus sering tidak ontime. Dalam organisasi banyak yang tidak serius yang seharusnya serius. Dari sahabat, yang diminta bantuan tapi tidak mengabulkannya. Dari orangtua yang sering telat uang kiriman. Banyak lagi hal yang membuat aku kecewa. Lalu apa yang bisa kulakukan akan hal itu?

Pertanyaan itu berputar-putar di kepalaku. Ingin aku mengadu, tapi kepada siapa aku mengadu? Lalu aku pun jadi mengeluh kepada Tuhan akan semua itu. Apa yang kudapatkan? Apakah itu berlalu begitu saja, tentu saja tidak. Malah aku ditegur, katanya,” pantaskah kau kecewa? Apa yang sudah kau perbuat yang berguna bagi sesamamu? Apakah kau udah mengasihi mereka atau tidak? Terlebih lagi kepadaKu, apa yang telah kau perbuat?”. Aku terdiam dan merenung.
Aku berpikir, benar sekali. Apa aku pantas kecewa? Padahal diriku juga seting mengecewakan orang lain, bahkan Tuhan sendiripun. Lalu aku pun diingatkan dengan ayat yang terdapat pada Yesaya 5:1-7. Tentang kebun anggur. Setelah aku merenungkannya, dan dengan apa yang dibilang pendeta. Benar sekali Firman Tuhan ini. Aku diibaratkan dengan kebun anggur setelah menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat Pribadiku. Lalu aku dibentuk dan dirawat. Pertanyaannya aku akan menghasilkan buah yang manis atau tidak. Tentu saja itu tergantung pada diriku, mau mengandalkan Tuhan atau diri sendiri. Setelah aku semakin ditegur, aku sadar masih menghasilkan buah yang asam, yang artinya mengecewakan Tuhanku.
Dari semua itu, apakah aku layak kecewa? Tentu saja tidak, kita tidak pantas untuk kecewa. Karena tubuh yang kita hidupi bukan milik kita lagi. Marilah kita berserah. Renunggkan apa yang sudah kita perbuat bagi sesama, dan bagi Tuhan. Ingat kita adalah orang yang berdosa yang telah ditebus oleh darah Yesus di kayu salib. Sudah selayaknya lah kita menghasilkan buah yang manis.
Salam Harjoshrian…

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE