Tuesday, April 26, 2016

TEKANAN...

tekanan
Siapa yang tidak pernah mengalami tekanan di dalam kehidupanya, semua pasti memilikinya. Baik itu dari depan, belakang, kiri, kanan, atas, bawah, ntah darimanapun itu, kita pasti pernah mengalaminya. Banyak sekali orang yang bercerita kepada kita kalau dia sedang mengalami pergumulan yang berat dan itu adalah sebuah tekanan, dan ketika kita memberi masukan akan apa yang dialaminya kadang dia tidak menerima. Begitu juga dengan diri kita sendiri. Seringkali kita ketika ada dalam masalah, salah satu cara meringankannya adalah dengan bercerita kepada teman terdekat kita. Tapi ketika mereka memberikan masukan kepada kita, kita seringkali tidak menerimanya, seringkali kita itu merasa paling benar, padahal sudah bagus dikasih masukan, gratis lagi...

Saat ini banyak sekali tekanan yang ku alami, sebagai mahasiswa semester akhir, sebagai panitia, sebagai anak, sebagai abang, sebagai pemimpin, banyak yang harus ku pikirkan. Dan kadang kala, aku memikirkan semua sekaligus, dan akhirnya tidak ada satupun yang berjalan dengan bagus.Kadang aku ingin bercerita, tetapi ketika mulai bercerita, kurang respon si pendengar jadi kesal yang ada. Banyak lah yang menjadi pergumulan hidup ini...

Waktu aku masih semester awal di kampus, ketika orang berbicara dia punya masalah atau tekanan, aku dengan gampang akan mengatakan, kalau tidak punya masalah, gak hidup lah. Hidup itu penuh dengan berbagai masalah dan tekanan. Tapi, ketika sekarang, apakah aku bisa mengatakan hal yang sama? sangat sulit rasanya menyatakan hal yang sama.

Belakangan ini seringkali aku mendengar khotbah yang ada bagian ini, matius 6;33, Tetapi carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu... Aku agak terhibur dengan hal itu. Apa yang kita cari di dunia ini, ketika kita sukses, pasti mati juga. Tidak ada yang lebih berharga daripada menjadi Anak-Anak Allah, jadi apa yang perlu kita takutkan, yang paling berharga sudah kita dapatkan, jadi jangan terlalu pusing dengan hal duniawi ini...

Hal itu sedikit menghiburku, kadang mataku sampai berkaca-kaca mendengar hal seperti itu. Tapi aku masih bisa berpikir, kalau aku melakukan hal itu, aku kurang memikirkan studiku, apakah itu jalan yang benar, pasti tidak. Ketika aku sebagai mahasiswa yang takut akan Tuhab, aku seharusnya bertanggung jawab dengan bagianku, dan salah satunya adalah menyelesaikan studiku...

Sakit memang rasanya berada di zona ini, tapi aku harus melaluinya, karena itu adalah bagian yang harus ku pertanggung jawabkan.

Semua pergumulan, tekanan, boleh ada di dunia ini, bahkan bagi orang yang percaya, bukan supaya kita jatuh, tapi supaya kita teguh berjalan di jalanNya.

Mengatakan memang mudah, jadi lakukanlah... mari kita lakukan bagian kita sebagai saksi Kristus di dunia ini, jangan kita menjadi batu sandungan bagi namaNya di dunia ini...

Tekanan ada, karena keselamatan sepaket dengan penderitaan... kita bebas melakukan yang benar...

Salam harjoshrian...

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE