Thursday, December 5, 2013

HarJoshRian, cerita hati: MASALAH ATAU BUKAN MASALAH



Terkadang kita terlalu sepele dengan hal yang satu ini. Terkadang kita menganggap suatu masalah bukan menjadi masalah dan yang bukan masalah menjadi masalah.  Dimana kita yang jadi terpuruk karena hal itu.
Apa sih masalah itu.? Ya, kira-kira masalah itu seperti sesuatu yang membuat kita gak bisa melakukan hal seperti yang biasa kita lakukan, atau masalah itu yang bisa membuat hubungan yang dekat menjadi tidak dekat.
Mengapa hal itu terjadi? Ya kembali lagi ke pribadi seseorang bagaimana dia menanggapi suatu masalah itu, apakah tiu menjadi masalah bagi dia atau tidak jadi masalah bagi dia. Terkadang orang menganggap itu menjadi masalah ketika tiu berdampak cukup besar bagi dirinya atau kehidupan sekitarnya. Itu mungkin suatu pemikiran yang agak keliru. Karena ada masalah kecil nya jadi ada masalah besar. Sekali kita menyepelekan masalah kecil, itu bisa jadi boomerang buat dia. Karena hal kecil itu nya yang buat kita jatuh, ibarat batu. Batu kecil yang membuat kita jatuh, bukan batu besar, karena batu besar masih nampak dan mudah untuk menghindarinya.
Mungkin bisa menjadi suatu contoh, ada pengalamanku yang ku alami. Yang kupikirkan selama ini, kenapa ini bisa jadi masalah, padahal ini bukan menjadi masalah seharusnya. Dan alhasil hubungan ku dengan orang lain khususnya yang bersangkutan ini kurang baik. Adalah namanya si “x”, dia ini kakak ku lah di pelayanan dan di kampus. Kami memang dekat, kalau ada apa-apa aku minta bantuan kakak ini, karena kakak ini baik, bisa lah menjadi sosok kakak yang diharapkan. Kalau ada masalah atau ada yang mau diatanya atau ada perlu bahan kuliah selalu nanya ke kakak ini duluan, mungkin karena aku gak punya kakak ya. Jadi di waktu sharing dengan teman kelompok, aku sering membawa nama kakak ini. Teman kelompok menjadi salah menanggapinya. Dan ntah atas dasar apa, ketika mereka melihat kakak ini, mereka lihat ke aku dan senyum-senyum dan aku mananggapinya biasa aja. Dan tiba lah hari itu, dibilang orang ini lah aku suka sama kakak ini, memang aku suka tapi sebatas kakakku yang baik aja. Yah aku biasa aja menjawab bilang gak ada gituan. Dan ketika kakak ini udah istilah nya doa khusus lah di pelayanan, teman kelompok ku bilang doakan yang lain, jangan diganggu yang sudah berdoa. Aku pun jadi bingung, selama ini teman kelompok ku salah menanggapi akan diriku. Jadi aku bertanya ke diriku, apa aku suka kakak itu lebih dari seorang kakak atau tidak ya. Aku renungkan, dia itu tetap jadi kakakku. Tapi yang jadi persoalan, karena itu hubungan kami jadi renggang seperti ada jurang pemisah, ketika jumpa paling tegur sapa say hai. Itu lah pribadiku, aku menganggap suatu yang bukan masalah menjadi masalah. Hubungan yang dekat itu bisa jadi renggang.
Itu lah sedikit cerita, jadi masalah itu bukan harus besar. Bisa aja dari masalah sepele yang gak terpikirkan, ketika orang menanggapinya beda, dank au pun beda, ya itu bisa menjadi masalah. Tapi intin nya, tentukan lah, apakah tiu masalah buat mu atau tidak, kalau itu bukan masalah jangan buat itu jadi masalah buat mu. Tetap keep enjoy.
Salam harJosRian

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE