Wednesday, January 8, 2014

HarJoshRian, renungan: SIAPA TAHU MATI AKU BESOK!!!!



SIAPA TAHU MATI AKU BESOK!!!!

Temanku Jes bertanya padanya.
“Kau nanti kemananya setelah kuliah?”
“Kalau ada uang, aku mau ambil S2 dan setelah tamat menjadi dosen” jawabnya.
“sering lah nanti didikanmu gak masuk ya, kau pun gitu” timpal kawan yang lain.
“itu lah kau, hidup ini bisa berubah, gak selalu begitu-gitu aja, biar gak monoton”
Cukup bagus menurutku jawabannya, hidup ini bisa berubah, kebiasaan buruk itu bisa berubah, tapi kapan berubahnya, ngomong aja nya yang mudah, melakukannya susah.
“Jadi ngambil S2 lah kau ya” sahut Jes lagi.
“Kalo ada uang, dan gak bisa ku pastikan, siapa tahu aku mati besok” jawabnya.
Aku tersentak dengan jawaban terakhir itu. Tadi jawabannya keren, sekarang bagai orang tanpa pengharapan, tanpa tujuan. Mudah ngomong mati, apa dia sudah siap mati dengan kondisi seperti itu.
Kembali ke yang pertama, setiap orang bisa berubah. Aku setuju sekali dengan pernyataan nya itu, tapi kapan berubah, apa tunggu tua, tunggu sakit? Bagaimana kalau gak ada waktu lagi untuk berubah?
Dan jawaban kedua, lihat disitu lah, mana tau aku sudah mati besok. Jawaban orang yang tak punya harapan, angan-angan, atau cita-cita, atau sesuatu yang ingin dilakukan. Kalau dia berpikir mungkin aja dia bisa mati beok, kenapa dia tidak berubah?
Itu lah mungkin yang kita alami di dunia ini. Terkadang pernyataan yang kita berikan terlalu manis, tapi tidak sesuai dengan apa yang kita lakukan. Apa salahnya kata-kata itu terlebih dahulu kita katakana kepada diri kita sendiri dan mengoreksinya apakan sudah pas atau belum.

Berubah memang tidak harus, tapi wajib. Berubah kearah yang lebih positif. Bila ada kemungkinan kita mati besok, kita kan gak tahu apa yang terjadi pada kita besok. Berubahlah, berpengharapanlah dalam iman. Supaya kita punya arah hidup yang jelas. Dan kapanpun kita dipanggilNya. Kita sudah siap untuk semuanya.
Jadi mana tahu kita mati besok, kita sudah tahu tempat kita dimana.
Salam HarjoshRian

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE