Sunday, December 10, 2017

MASA INKUBASI PENYAKIT KARAT DAUN DAN TINGKAT KERUSAKAN PADA BIBIT PERUPUK (Lophopetalum multinervium) DI PERSEMAIAN PT. INHUTANI II MANDOR (Incubation The Leaves Rust Disease And Level of Damage to Seed Perupuk (Lophopetalum multinervium) in The Nursery PT. Inhutani II Mandor)

 

MASA INKUBASI PENYAKIT KARAT DAUN DAN TINGKAT KERUSAKAN PADA BIBIT PERUPUK (Lophopetalum multinervium) DI PERSEMAIAN PT. INHUTANI II MANDOR (Incubation The Leaves Rust Disease And Level of Damage to Seed Perupuk (Lophopetalum multinervium) in The Nursery PT. Inhutani II Mandor).

This study aimed to determine the level of damage to seedlings perupuk caused by leaf rust disease and know the incubation time is needed leaf rust pathogen that infects seedlings perupuk and study the development of leaf rust disease symptoms on seedlings perupuk. Observation of the stricken plant was conducted using descriptive, of direct observation in the field and conducted an assessment of the extent of damage caused by the attack while the incubation time in the laboratory. The results showed that the leaf rust disease incubation time attacking seedlings perupuk (Lophopetalum multinevium) were 19 hours and the percentage of plants damaged by leaf rust disease were 71.22%. This was high and affects the quality of perupuk growth at the sites. While the average level of crop damage due to attack perupuk leaf rust disease on study sites were classified in the category that was equal to 44.26%. 

Persemaian PT. INHUTANI II Cabang Mandor merupakan salah satu persemaian yang memproduksi bibit perupuk yang berkualitas tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk setiap tempat lokasi penanaman. Perupuk adalah jenis pohon dari famili Celastarea yang merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Perupuk (Lophopetalum multinervium) merupakan salah satu jenis pohon yang dieksploitasi pada hutan alam sehingga potensinya semakin berkurang dan dapat mengancam kelestarian jenis tersebut (Anonim, 2009). Dalam kegiatan produksi bibit perupuk banyak dijumpai penyakit salah satunya adalah penyakit karat daun. Penyakit karat daun ini banyak ditemukan pada persemaian PT. Inhutani II Cabang Mandor namun sampai saat ini belum ada penelitian tentang tingkat kerusakan penyakit karat daun di persemaian PT. Inhutani II Cabang Mandor. 

Salah satu penyakit yang biasanya menyerang bibit perupuk pada tingkat semai di persemaian adalah penyakit karat daun yang disebabkan oleh jamur Puccinia spp, Cercospora orizae Miyake, Cronartium ribicola, Hemileia vastatrix dan lain-lain. Pada umumnya penyakit karat daun yang ada di areal persemaian P.T. Inhutani II Cabang Mandor disebabkan oleh jamur Puccinia. Penyakit ini biasanya tampak pada daun, tangkai daun dan kadangkadang pada batang yang mula-mula terbentuk bercak-bercak dan kemudian berkembang menjadi pustul yang berwarna seperti karat. Pada umumnya serangan terjadi pada permukaan bawah daun dan serangan awal biasanya terjadi pada daun-daun bawah yang kemudian berkembang ke daun yang lebih atas (Yusmarni dan Sumartini, 2001). 

Penyakit karat daun dapat memperlemah tanaman, sehingga mudah terjadi pembentukan buah terlalu banyak. Tanaman juga dapat kehabisan cadangan makanan pati dalam akar, rantingranting dan akar mati, bahkan pohon dapat mati. Lemahnya tanaman dapat menyebabkan berkurangnya hasil panen pada masa berikutnya meskipun mungkin pada masa itu penyakit tidak timbul. Dengan demikian kerugian akibat penyakit ini sulit diperhitungkan karena bersifat akumulatif dan berlangsung satu sampai dua tahun setelah terjadinya serangan (Semangun, 1996). 

Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas baik diperlukan bibit yang sehat terutama tidak terserang penyakit pada saat di persemaian. Hal ini dikarenakan bibit di persemaian lebih rentan terhadap serangan penyakit sehingga pertumbuhan bibit menjadi terganggu dan menyebabkan kematian pada bibit (Widyastuti, S.M, Sumardi, dan Harjono. 2005).

sumber: MASA INKUBASI PENYAKIT KARAT DAUN DAN TINGKAT KERUSAKAN PADA BIBIT PERUPUK (Lophopetalum multinervium) DI PERSEMAIAN PT. INHUTANI II MANDOR (Incubation The Leaves Rust Disease And Level of Damage to Seed Perupuk (Lophopetalum multinervium) in The Nursery PT. Inhutani II Mandor).pdf

Salam Harjoshrian

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE