Thursday, November 17, 2016

Apa itu Apologetika?

 
Ke depan aku akan berbagi dari buku 5 menit apologetika... Tapi sebelum kita membahasnya lebih mendalam, pertama kita baca dulu, apakah itu apologetika?

Argumen rasional dulu adalah sahabat iman Kristen. Khususnya, orang-orang berpikiran bahwa pemikiran-pemikiran yang solid dan bukti-bukti yang kuat merupakan pendukung dari pokok-pokok pernyataaan Kekristenan. jika orang-orang menolak pengajaran ini,mereka dianggap tidak berpikiran jernih, dan tidak seperti yang sekarang kita asumsikan, bahwa otak mereka memberitahukan satu hal dan hati mereka memberitahukan satu hal lainnya. Perlu diingat bahwa sampai dua abad yang lalu, kebanyakan orang di Barat memandang Kebangkitan Yesus secara historis samadengan peristiwa masa lampau, seperti pembunuhan Julio Caesar. PPeristiwa kebangkitan dan pembunuhan Caesar dianggap sama-sama faktual dan memiliki sifat bersejarah.

Aplogetika sebagai perkakas anugerah ilahi, tidak dapat diabaikan begitu saja oleh orang-orang Kristen dan mereka tetap dapat baik-baik saja. Benar bahwa di sepanjang Alkitab, orang-orang Kristen diperintahkan untuk mempertahankan iman mereka dengan argumen yang rasional. Oleh sebab itu< Petrus mendorong,"Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepadatiap-tiaporang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapanyang ada padamu"(1 petrus 3;15). Demikian pula Paulus mengerti pelayanannya sendiri sebagai "pembelaan" [apologia] dan peneguhan [bebaiosis] Berita injil (Filipi 1:7). Bahasa Yunani apologia menyatakan suatu upaya pembelaan hukum,dan bahasa Yunani bebaiosis berarti verifikasi atau pembuktian.

Seneca seorang warga negara Roma mengamati bahwa,"Jikaanda menginginkan seseorang dapat tetap berpikir ketika krisis sedang melanda dirinya, anda harus memberi dia pelatihan sebelum peristiwa ini terjadi". Kebudayaan sekuler kita telah memunculkan banyak krisis iman. Ini sangat umum pada anak-anak muda yang meninggalkan rumah dengan gairah melayani Allah, terbuka pada ajaran-ajaran yang salah, dan menjauhi kebenaran kekristenan. Orang-orang itu perlu diperlengkapi untuk dapat menghadapi serangan-serangan pada pemikiran dan hati mereka, yang mereka alami di sekolah, tempat bekerja,televisi, dan dimanapun ancaman itu terlihat. 5 menit apologetika milik RIck Cornish merupakan buku pegangan dasar yang berguna dalam berapologetika Kristen bagi orang-orang yang sedang menghadapi serangan terhadap iman mereka. Apakah anda sedang berada di bawah tekanan keragu-raguan mengenai kebenaran Kekristenan, atau hanya sekedar ingin belajar bagaimana mempertahankan iman Anda, buku ini merupakan tempat yang luar biasa untuk memulai pendidikan anda dalam berapologetika.

SALAM HARJOSHRIAN

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE