Wednesday, June 18, 2014

TIPS MENGHEMAT UANG





Tidak bisa dipungkiri bagi manusia khususnya bagi pelajar yang mendapatkan uang bulanan dari orangtua sering boros dan tidak bisa mengontrol keuangannya. Niat sudah ada untuk memanajemen uang itu dengan baik, supaya cukup hingga akhir bulan. Tapi prakteknya banyak sekali kejadian yang hasilnya masih ¾ bulan, uang itu sudah habis, sehingga mau tidak mau menambah pikiran.
Disini kita akan mengulas tips menghemat uang supaya tidak boros :

1.      Bawalah uang secukupnya.
Maksudnya adalah kita harus membawa uang seperlunya dan secukupnya saja. Contohnya, kalau kita naik angkot ke kampus untuk kuliah, cukup bawa uang untuk ongkos saja, jangan membawa lebih, sehingga menahan diri kita untuk membeli jajanan dalam  perjalanan. Memang sangat ekstrim, tapi patut dicoba. Sama halnya kalau kita bepergian ke plaza, atal mall2. Cukup bawa uang pas aja untuk membeli apa yang perlu. Mengapa demikian? Tanpa kita sadari ketika kita melihat2 sesuatu, jadi timbul niat untuk membelinya meskipun itu tidak kita perlukan. Tapi itu bisa saja dihindari, kalau uang tidak ada di kantong. Kalau ada uang kemungkinan besar kita akan membelinya. Benarkan?
2.      Jangan pecahkan uang besar
Ketika kita mendapat uang bulanan, biasanya melalui bank. Uang yang kita ambil itu adalah pecahan 50ribu atau 100ribu, benarkan? Jadi sarannya uang itu jangan langsung kita pecahkan menjadi uang yang kebih kecil, karena tanpa kita sadari uang itu mudah sekali keluar, beda kalau uang besar. Contohnya seperti ini, aku punya 10 lembar uang 100 ribu. Lalu ku belikan 1 lembar 10ribu. Untuk selanjutnya, usahakan jangan menggunakan uang 100ribu yang lainnya untuk jajan atau membeli sesuatu, tapi pecahan kecil tadi saja. Kalau kita pecahkan semuanya menjadi uang lebih kecil seperti 5ribu an, bersabarlah karena uang kita sebentar lagi tidak tau ntah kemana.
3.      Simpan di tempat yang jauh (tidak terjangkau)
Simpan lah uang di bank, ataupun di tempat yang jauh dan sulit dijangkau. Mengapa demikian? Dengan demikian, ketika kita mau membeli sesuatu ada suatu rasa kemalasan yang timbul dalam diri kita untuk mengambil uang itu, karena jauh menyimpannya.

Itu lah dia tipsnya sahabat, agak lucu dan mudahkan. Memang mudah, tapi seringkali karena mudahnya kita jadi mengabaikannya. Selamat mencoba sahabat.
SALAM HARJOSHRIAN

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE