Thursday, May 4, 2017

Bertahan Hidup (Survival)


 
 
Pernah lihat kucing nyari makan di tempat sampah? Pasti pernah kan? Pernah juga dengar cerita sedih tentang gimana penyayang kucing membuat cerita atau meme tentang kucing yang hanya mencari makan, tapi dilempar, ditendang, atau disiram bahkan dengan air panas. Tidak jarang aku melihat kucing liar yang badannya bekas luka terbakar, karena air panas, sehingga bulu untuk melindungi tubuhnya tidak tumbuh lagi.

Kucing itu hanya ingin bertahan hidup, ada anak-anaknya yang harus dia hidupi. Tapi manusia yang tidak suka membinasakan si kucing. Si kucing harus menyesuaikan dirinya bertahan hidup di tengah kemajuan zaman. Tidak seberuntung kucing rumahan, kucing liar harus bertarung di luar sana mencari makan. Kucing yang tidak memiliki pikiran itu, yang hanya punya insting untuk mencari makan, yang dulunya bebas mencari makan dimanapun, sekarang dia harus beradaptasi dengan manusia di kemajuan zaman. Kucing besar seperti harimau pun semakin terancam, bahkan hampir punah di peradaban ini.

Bertahan hidup atau survival adalah sebuah cara makhluk hidup memenuhi kebutuhan primernya untuk tetap melanjutkan hidupnya di dunia ini. Yang pasti habitatnya menjadi sarana yang sangat berguna baginya...

Biasanya bertahan hidup dikenal bagi orang-orang yang mau masuk hutan, atau naik gunung, sebagai antisipasi manatahu tersesat, harus mengisi dirinya dengan skill bertahan hidup di tengah hutan...

Tapi terkadang orang yang kesusahan di kota merasa lebih baik hidupnya di desa, bisa mencari makan dimana saja. Kalau bisa dimana uang sama sekali tidak berguna.

Mungkin survival dalam pikiran kita hanya berlaku di dalam hutan, tapi pastinya itu sebuah kesalahan. Dimana saja, setiap makhluk hidup pasti berusaha bertahan hidup. Sama seperti kucing itu, habitatnya harus disesuaikan dengan kemajuan manusia, dia tetap hidup dan menghidupi anak-anaknya.
Percaya atau tidak, lebih sulit bertahan hidup di dunia dengan uang, daripada tempat dimana uang tidak berlaku yaitu hutan. Di sini, gak ada uang, gak makan. Di hutan, gak ada uang, masih bisa makan lah...

Survival, dimanapun tetap terjadi, semua berusaha bertahan hidup. Ada yang subur ada yang kerdil, ada yang menang ada yang kalah.

Kau juga lagi melakukan teknik survival lho... :)

Salam harjoshrian...

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE