Saturday, May 20, 2017

Siapakah warga NKRI itu?

 
Siapakah warga NKRI itu? Aku sering bertanya seperti itu, apalagi ketika kasus Ahok bergulir, tidak jarang kata kafir dan pribumi muncul dari mulut-mulut massa yang berdemonstrasi, yang kata pak JK adalah aksi damai yang sampai berjilid-jilid itu.

Pribumi? Siapakah warga pribumi Indonesia? adakah? Atau kalian bangga dianggap sebagai warga pribumi? Pribumi pertama muncul ketika masa penjajahan, pribumi hanya diberikan kepada kita orang-orang terjajah. Kalau aku mengatakan, tidak mau disebut pribumi, tapi warga negara Indonesia...

Lalu, siapakah yang disebut warga negara Indonesia? Apakah mereka yang ikut membela Indonesia ini di medan perang sebelum 1945 diproklamirkan merdeka, atau seorang manusia yang secara sadar mengakui dirinya sebagai warga negara republik Indonesia, sesuai dengan persyaratan yang ada. Siapakah NKRI itu?

Apakah seorang yang sedang dipanggil melarikan diri ke negara lain, atau orang yang dengan tenang dan berani diadili di negeri sendiri berdasarkan hukum di negeri ini? (Masih kecewa dengan mata yang belum terbuka)

Bukan tentang darahnya yang mengalir dari etnis mana, tapi bukti kewarganegaraannya sebagai warga negara RI.

Mau membuat berdasarkan darah? Siapakah yang memiliki darah murni orang pertama di Indonesia ini?

Kau anggap dirimu pribumi? Terserah padamu...

Tapi aku warga negara Indonesia, walau sering dikecewakan pemerintahan, tapi kami tetap Indonesia...

Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika tidak akan pernah lepas dari kami...

Selamat Hari Kebangkitan Nasional...

Salam Harjoshrian...

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE