Thursday, December 31, 2015

Allah adalah Terang




Allah adalah terang
1 Yohanes 1:5-10


1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar k  dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang l  dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan. 1:6 Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia 1 , namun kita hidup di dalam kegelapan, m  kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran. n  1:7 Tetapi jika kita hidup di dalam terang 2  o  sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. p  1:8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa 3 , q  maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. r  1:9 Jika kita mengaku dosa kita 4 , maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa s  kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. t  1:10 Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa 5 , u  maka kita membuat Dia menjadi pendusta v  dan firman-Nya tidak ada di dalam kita. w

 tafsiran:
5. Penulis mendengar langsung dari Dia (Anak), menyatakan bahwa Dia adalah terang, tidak ada kegelapan. Terang (kebenaran),  Kegelapan (dosa).
6. Kalau kita mengaku bersekutu dengan Dia, tapi kita dalam kegelapan, berarti kita berdusta. Karena kalau bersekutu dengan Dia, berarti kita ada dalam terang itu. Gelap dan terang tidak dapat bersatu. (Disini lebih menuntut aksi, bukan kata-kata).
7. Kita hidup dalam terang sehingga kita dapat bersekutu denganNya karena Dia adalah terang itu. Semua terjadi, hanya karena \yesus telah menyucikan kita dari dosa.
- berjalan dalam terang, sama seperti Dia dalam terang, sehingga tidak ada kata cukup, terus berjalan.
- penyucian yang terus menerus dari hari ke hari.
- segala dosa berarti banyak dosa
8. jika kita berkata kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri (Roma 3:23).
9. Tuhan akan mengampuni dan menyucikan kita dari segala dosa, asalkan kita mengaku dosa kita.
10. Kalau kita mengaku kita tidak berbuat dosa, berarti kita sedang mengatakan bahwa  Allah berdusta dengan mengatakan kita semua berdosa (Roma 3:23). Tapi Allah itu mahakudus, tidak akan pernah berdusta. Jika Allah tidak berdusta, berarti kita yang berdusta dengan mengatakan kita tidak ada berbuat dosa.
Penarikan:
-          -Tidak akan mungkin orang yang berada dalam gelap dapat bersekutu dengan Allah yang adalah terang.
-         - Kita berada dalam terang, hanya karena kita disucikan oleh darah AnakNya (Yesus). Apabila kita mengakui dosa kita, sehingga kita beroleh persekutuan dengan Allah.
-          -Hanya orang yang mengakui dosanya lah yang diampuni dan disucikan Yesus.

Salam harjoshrian...

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE