Friday, February 5, 2016

Melahirkan Anak atau Dibentak Anak??? Lebih sakit mana??


Menarik judul yang kuberikan di atas bukan? Aku tadi membaca sedikit tentang kesedihan seorang ibu, jadi aku membuat tulisan ini...

Pernahkah kau perhatikan ibumu? Bagaimana keadaannya sekarang? Apakah dia sehat atau tidak? Mudah-mudahan masih sehat ya...

Waktu kita masih kecil, kita dimanja oleh ibu. Mungkin bukan dengan mainan atau makanan yang mewah, tapi dengan perhatian dan kasih sayang, yang sampai kapanpun tidak akan bisa kau bayar. Apakah kau berencana membayarnya dengan kerja keras mu ketika sukses nanti? Aku bilang itu tidak akan bisa kau bayar...

Kalau tidak bisa dibayar, mengapa aku menerima semua itu? karena kau adalah segalanya buat ibumu. Dia tidak menuntut kau memberikan uang dari hasil kerja kerasmu nanti. Dia hanya ingin meluapkan rasa syukurnya kepada Tuhan melalui dirimu datang ke dunia ini sebagai anaknya...

Pertanyaannya, pernahkah kau melawan ibumu? Kalau aku pernah, makanya aku juga menuliskan ini sangat terpukul.

Seorang ibu mengandung selama sembilan bulan. Banyak perjuangan yang dia hadapi untuk menjaga kita dalam rahimnya selama sembilan bulan. Mungkin ketika dia sakit, harus berusaha segera tidak sakit karena kau ada di dalam. Tidak bebas kesana kemari, untuk menjaga kita tetap aman. Banyak lagi...

Tibalah ketika kita dilahirkan, mungkin kaum perempuan sudah menyiapkan dalam hal ini. Mungkin mereka berfikir ini adalah hal yang sangat menyakitkan, karena ini adalah perjuangan antara hidup dan mati. Dan aku juga mengakui itu, aku sangat salut kepada ibuku yang melahirkan aku dengan kekuatan yang sangat besar seperti itu...

Tapi, semua itu pasti akan dia lewati, sekuat tenaga dia akan melahirkan kita ke dunia ini. Memang rasanya sangat menyakitkan, tapi dia tidak mau tidak melewati itu, karena dia ingin melihat orang yang telah dia jaga selama sembilan bulan ini. Rasa sakit yang sangat luar biasa itu dia tahan, airmata pasti akan keluar. Tapi semua itu akan terbayar dengan suara tangisan kita di ruangan itu. Kesakitan itu akan berbuahkan senyuman kebahagiaan yang tiada tara. Sakit tapi akan tetap senang...

Semua itu adalah perjuangan seorang ibu buat kita. Tapi ada sesuatu yang lebih menyakitkan daripada itu semua. Dia akan lebih memilih sakitnya melahirkan kita daripada merasakan sakitnya hal ini. Dibentak oleh anak, dilawan oleh anak, merupakan hal yang sangat menyakitkan buat ibu. Melahirkan anak hanya memiliki sakit di tubuhnya, tapi ketika kita membentaknya atau melawannya akan menyakiti seluruh hidupnya. Airmata ketika melahirkan kita tidak sebanding dengan airmata ketika kita melawan ibu. Dia tidak akan mengatakannya kepadamu, tapi kita sebagai anak seharusnya tahu...

Aku sebagai salah satu pelakunya. Mari ciptakan senyuman di wajah ibu kita...

Salam Harjoshrian...

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE