Thursday, February 25, 2016

Status doa menjadi khusus berubah karena kita suka,benarkah?


Waktu itu kami lagi ngumpul-ngumpul sesama anak pelayanan. Ada yang sudah doa sama, ada doa khusus, dan ada yang tidak berdoa. Berdoa maksudnya ini dalam konsep teman hidup kita kelak nanti. Ketika sudah berbicara kesana kemari, yang tidak terlalu mengerti tentang konsep status doa (umum, khusus, sama, pacaran) tiba-tiba bertanya. Bagaimana sih berdoa untuk hal itu?  Bagaimana mendoakan teman hidup?

Aku agak terkejut juga sih dengan pertanyaannya, kami sudah kenal kurang lebih satu tahun, kenapa tidak kami bagikan apa yang kami tahu selama ini kepadanya? Aku kurang pintar sih menjelaskan. Dia melanjutkan pertanyaannya lagi, status doa khusus itu sama aja dengan kita suka sama orang kan? Barulah aku berbicara. Owh jelas tidak. aku menjawab demikian..

Ketika aku berdoa tentang teman hidup dimulai dengan bertanya apakah aku menikah nanti dan siapa yang akan ku nikahi Tuhan? Lalu aku mulai suka kepada orang-orang dalam sepelayanan, sudah lahir baru, apalagi yang kurang pikirku. Tapi dari beberapa orang yang ku suka dan agak menarik perhatianku, tidak ada yang ku doakan secara khusus. Kenapa? Karena doa khusus itu bukan sekedar suka. Rasa suka itu hanya nilai kecil yang bahkan bisa merusak hubungan yang intim nantinya. Tapi rasa suka itu juga yang mempererat hubungan itu nantinya. Maksudnya, ketika kita mau mendoakan seseorang, jangan sampai rasa suka kita yang lebih besar karena itu bisa menghalangi kita untuk mengenal siapa yang kita doakan. Jadi dalam tahap doa khusu, bukan hanya rsa suka sajaa. Banyak aspek yang perlu kita pertimbangkan secara realistis. Bukan secara romantis.

Aku mendoakannya karena aku memang tertarik, tapi tidak cuka rasa tertarik itu membuat aku mendoakannya. Doa khusus kita mencari tahu dan mencari tahu siapa sebenarnya yang sedang kita doakan itu, bagaimana orangnya, apakah yang kau nilai selama ini benar atau hanya sekedar saja. Makanya pandangan orang itu perlu dalam hal ini, karena bisa saja rasa suka kita sudah menutupi kebenaran yang ada. Aku tidak tahu mau bilang apa. Tapi dalam mencari teman hidup tidak bisa main-main. Banyak orang tidak senang mengikuti proses itu dengan taat, proses mendoakan dengan benar. Tapi saran dariku, marilah kita ikuti semua tahap demi tahap itu. Mungkin itu hanya sebuah konsep, tapi aku yakin selama konsep itu bukan menjauhkan kita dengan Tuhan bahkan membuat kita semakin mendengar suara Tuhan, Lakukannlah. Tidak Akan Rugi. Tapi sangat berguna, karena Tuhan turut kita libatkan dalam segala hal dalam hidup kita...


Kau mau mencari teman hidup? Doakanlah....

Salam Harjoshrian...

baca juga ini https://jnathanaditya.wordpress.com/2013/04/12/pasangan-hidup-yg-di-berikan-tuhan/comment-page-1/#comment-131

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE