Saturday, March 22, 2014

HarJoshRian, KHASIAT TAK TERDUGA DAUN APAPUA DAN SIMANDAURUMA (RUMPUT)



Dunia ini memang cukup luas, tapi terkadang juga sangat sempit dan sesak. Itu lah bumi kita yang tercinta ini. Banyak sekali hasil bumi nya yang tidak kita ketahui. Untuk industri, obat-obatan, dan lain-lain.
Terutama untuk tanaman obat, sangat banyak yang sudah di identifikasi khususnya dari tumbuhan. Kebanyakan yang di identifikasi ini, tumbuhan yang bisa dikatakan tidak menguntungkan. Tapi setelah di teliti dan di identifikasi oleh bidang kehutanan ataupun pihak farmasi, memang memiliki khasiat sebagai tanaman obat. Dan di kehutanan dikenal sebagai
Hasil Hutan Non Kayu (HHNK).
Sama halnya dengan tumbuhan apapua dan simandauruma ini, siapa sangka memiliki khasiat tak terduga sebagai tanaman obat. Memang banyak yang mengatakan ini Cuma rumput biasa. Tepat ketika kami menginventarisasi Hasil Hutan Non Kayu di Gunung Barus, dengan tujuan untuk mengetahui apa saja potensi dari lokasi tersebut. Kami menemukan yang saya sebut namanya “apapua”. Saya bilang kalau itu tanaman obat, teman kelompok saya itu bukan tanaman obat. Karena tidak yakin, kami memperlihatkan kepada yang tau daerah situ, yang tau apa saja potensi daerah situ. Dengan jelas bapak itu mengatakan itu rumput, tidak berarti apa-apa. Saya menjadi tertarik untuk lebih mengetahui nya.
 

APA KEGUNAAN TANAMAN INI?
Bagi masyarakat pedesaan kemungkinan besar tau tumbuhan ini memiliki khasiat sebagai obat, tapi ada kemungkinan banyak juga yang tidak mengetahuinya, apalagi masyarakat di kota. Jadi pasti timbul pertanyaan,apa sih kegunaan tanaman ini? Tanaman ini berguna untuk obat luka dan obat gatal. Tapi untuk obat luar saja.
BAGAIMANA CARA PENGGUNAANNYA?
Tau kegunaannya tapi tidak tau cara penggunaannya, mending tidak mengetahuinya,iya kan? Tenang, saya akan memberitahu kan cara penggunaannya. Caranya sangat mudah dan aman sekali. Ambil daun apapua atau simandauruma, pulos(bhs. BATAK) atau pilin atau remas dengan tanah sampai ada keluar cairannya, usahakan agak keras. Lalu tempelkan ke tempat yang luka atau gatal itu. Tunggu beberapa saat gatal akan hilang rasa gatalnya.
DIMANA TANAMAN INI TERDAPAT?
Kalian pasti tidak nyangka dimana tanaman ini berada. Kebetulan aku tinggal di SUMUT. Hampir di setiap daerah saya melihat tanaman ini. Tapi bukan sebagai tanaman special, hanya dianggap rumput atau gulma. Jadi kalau sedang jalan-jalan atau tracking kita ada luka atau terkena gatal-gatal, kita bisa dengan mudah mendapatkan tanaman ini.
APA KANDUNGAN DI DALAMNYA?
Kalau masalah kandungannya,saya tidak tau. Mudah-mudahan saja ada yang meneliti ini, sehingga dapat di perbanyak di dunia farmasi.

SEKIAN
harjoshrian.

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE