Tuesday, March 11, 2014

HarJoshRian, essay: SECERCAH KEPERCAYAAN UNTUK KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK KE DEPANNYA

tulisan kali ini, sedikit tentang bagaimana sich orang yang bertanggung jawab...
semangat!!!!!



Tema: Bertanggung Jawab
Di zaman yang sudah semakin canggih ini, banyak sekali yang harus diperhatikan, bahkan sangking banyak nya yang diperhatikan, ada yang jadi seakan dilupakan, yaitu tanggung jawab. Semakin berkurangnya orang yang bertanggung jawab akan mengurangi kesuksesan ke depannya. Jadi sudah banyak perusahaan tidak hanya melihat pintar atau tidak, tapi melihat apakah dia bertanggung jawab atau tidak sama sekali.
Tanggung jawab bukan ketika kerja akan dilatih, tapi mulai kita kenal apa itu tanggung jawab, kita sudah harus wajib untuk lebih bertanggung jawab, karena kita sudah mengetahui apa itu tanggung jawab. Tapi orang berkata “hari gini bilang tanggung jawab, ke laut aja”. Mereka tidak sadar, kalau tanggung jawab itu dimana-mana diperlukan. Melakukan hal yang kecil aja harus penuh tanggung jawab, supaya itu menjadi suatu hal yang luar biasa. Kalau tidak disertai tanggung jawab, itu tak akan dilihat orang lain.
Contoh nya didunia pendidikan yaitu perkuliahan. Harus penuh tanggung jawab, kalau tidak tidak akan pernah digubris orang lain. Aku kuliah di kehutanan, salah satu PTN. Aku banyak ikut organisasi. Permasalahannya, bagaimana aku bisa menjalani itu semua. Aku harus berkomitmen, aku harus bia mengatur waktu ku. Ketika aku berkomitmen terhadap satu kegiatan, aku pasti akan bertanggung jawab melakukan itu, dengan segenap hati aku akan melakukannya. Sebelum orang lain melihat itu, atau menyadarinya, di hatiku ada perasaan puas ketika aku melakukan nya dengan penuh tanggung jawab.
Dengan kita bertanggung jawab, hidup kita akan menjadi pribadi yang beda, bukan menjadi yang lebih buruk, tapi menjadi pribadi yang lebih baik. Ketika kita berkomitmen, dan harus melakukan sesuatu, dan kita harus melakukannya dengan penuh tanggung jawab ide-ide untuk menyelesaikan itu akan selalu muncul. Bukan jalan pintas, tapi ide brilian bagaimana supaya yang kita lakukan itu memuaskan, itu hanya bisa kita dapatkan ketika kita bertanggung jaeaw melakukan segala sesuatu. Banyak yang tidak kita sadari akan menjadi lebih baik, ketika kita memiliki tanggung jawab itu, kita harus bisa mengatur waktu.
Sebelumnya aku bilang aku banyak kegiatan organisasi, dan aku harus berkomitmen dan bertanggung jawab untuk semua itu. Disamping perkuliahan yang sibuk, aku tetap bisa mengerjakan itu semua, dan ketika aku bisa melakukan itu semua, aku merasa senang. Dan itu menjadi suatu contoh yang dilihat orang sekelilingku, ketika aku tepat waktu datang, dan serius melakukan sesuatu, mereka juga terpancing untuk lebih fokus. sekarang aku ditawarkan menjadi ketua di organisasi ku, menjadi pengurus di organisasi yang lainnya. Mengapa itu bisa terjadi? Karena aku melakukan semua dengan bertanggung jawab. Tidak terlepas juga bagaimana kita mengambil keputusan. Keputusan yang tepat buat semuanya. Untuk hal itu, aku punya sebuah cerita.
Di suatu kerajaan, ada lah seorang raja yang cukup terkenal. Bukan hanya karena tampan, tapi lebih karena dia bijaksana dan selalu  bertanggung jawab di setiap keputusan yang dia ambil. Suatu ketika dia membuat peraturan, barang siapa yang mencuri akan dihukum cambuk. Tanpa terkecuali, baik dia seorang terkenal atau tidak memiliki apapun. Semua bersorak sorai menyetujui peraturan itu, karena daerah mereka akan menjadi daerah yang aman. Setelah peraturan itu dibuat, beberapa hari kemudian diberitahu ada pencuri, dan sesuai aturan dia harus dihukum cambuk, dan pencuri itu dibawa menghadap raja. Alangkah terkejutnya dia, ketika melihat si pencuri itu adalah ibunya sendiri yang sudah tua dan mulai pikun. Semua berteriak untuk menghukumnya, semua juga tahu kalau itu ibunya raja. Apalagi yang membenci raja, semakin semangat melihat kejatuhan sang raja sebentar lagi. Raja sedih, tapi dia harus bertanggung jawab. Lalu dia sudah menetapkan keputusan, tidak mungkin dia melihat ibunya yang sudah tua dihukum cambuk. Dia pun melepas pakaiannya dan mahkota nya, untuk menggantikan ibunya. Semua terdiam ketika hal itu terjadi. Semua menjadi semakin mengasihi raja mereka, karena dia sangat bijaksana mengambil keputusan itu. Raja itu pun menjadi teladan buat mereka semua sampai selamanya.
Begitulah terkadang tanggung jawab itu, kita harus membuktikan kalau kita bisa dipercaya. Misalnya dalam mengerjakan tugas kelompok di perkuliahan, kita harus meyakinkan teman kelompok kalau kita juga bisa, pastinya dengan mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab. Dengan semuanya itu aku yakin kita menjadi pribadi yang lebih baik, kita menjadi pribadi yang lebih ceria. Karena semua di sekeliling kita merasakan semangat tanggung jawab kita. Bukan karena kecantikan atau pun ketampanan kita. Tapi terlebih lagi karena kita tidak melewatkan satupun kesempatan yang diberikan kepada kita, dan melakukan semuanya dengan penuh tanggung jawab.
Orang bodoh akan mengatakan tidak perlu tanggung jawab, contoh pejabat yang korupsi, menjadikan yang dia korupsikan menderita untuk ke depannya. Tapi orang pintar atau bijak mengatakan, hidup tanpa tanggung jawab akan terasa aneh, seperti ada bagian hati yang hilang. Seperti raja yang bertanggung jawab itu, bukan untuk kepentingannya sendiri ia mengambil keputusan dengan penuh tanggung jawab, tapi untuk semua yang dipimpinnya menjadi lebih baik untuk ke depannya. Kesimpulannya, jadi lah orang yang selalu bertanggung jawab dalam setiap yang kamu lakukan. Dengan seperti itu, kau akan merasakan apa yang kurasakan, yaitu serpihan yang hilang itu datang kembali. Kepuasan. Dan hari baru yang lebih indah dari yang kau bayangkan akan muncul layaknya matahari yang muncul di pagi hari.
SALAM HARYONO…..

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE