Saturday, March 22, 2014

HarJoshRian, BAGAI POHON DI TANAH YANG SUBUR DAN TIDAK SUBUR.



BAGAI POHON DI TANAH YANG SUBUR DAN TIDAK SUBUR.
Hidup terkadang tidak kita mengerti, dan lebih banyak yang membuat kita tidak mengerti, bahkan ada yang sampai frustasi atau depresi akan hal itu. Dan yang paling sering dipikirkan adalah kehidupan sosial ekonominya.
Orang yang terlahir ke dunia dalam kondisi kurang beruntung atau pas-pasan, biasanya iri mekihat yang hidup dengan
penuh kemewahan. Dia bisa jadi meyalahkan semua yang terjadi, seperti berpikir kenapa aku lahir di keluarga yang miskin. Tapi kalau kita berpikir secara positif, ada yang lebih bagus dimiliki orang yang terlahir di keluarga yang kurang beruntung tersebut.
Untuk lebih memahami itu, kita bisa ber-analogi. Coba kita lihat pohon, ada yang tumbuh di daerah yang subur dan ada yang di daerah tidak subur. Daerah subur biasanya penuh perhatian dari pemiliknya, berbeda dengan pohon yang di daerah tidak subur yang berusaha sendiri, yang pada akhirnya mereka sama- sama disebut pohon. Kalau sekilas pohon yang di daerah subur kelihatan bagus, tapi sebenarnya tidak karena dia selalu diperhatikan, berbeda dengan pohon yang ada di daerah tidak subur, dia sudah kuat terhadap serangan hama dan penyakit sehingga dia bisa tumbuh menjadi pohon. Atau coba kita lihat pohon yang ada di daerah datar dan di daerah miring (pegunungan). Yang di daerah datar tumbuh ke atas dengan mudah tanpa rintangan sedangkanpohon yang di daerah miring penuh perjuangan untuk tetap tumbuh, tegak berdiri meskipun rintanngannya cukup besar, tapi itu membuat dia tumbuh menjadi sebatang pohon.

Itu lah yang bisa kita analogikan, orang yang hidup penuh dengan kemewahan, penuh perhatian sama dengan pohon tumbuh di daerah subur dan datar tidak ada rintangan sulit, sehingga membuat dia menjadi pribadi yang lemah yang tidak tahan dengan rintangan, sedangkan orang yang hidup di keluarga yang pas-pasan akan lebih kuat ketika mereka sama-sama ada dalam situasi yang sama, dia akan kuat kuat terhadap rintangan maupun tekanan, tidak peduli bagaimana rintangan dia akan mencapainya, sama seperti pohon di daerah tidak subur dan daerah miring dia akan melaluinya seperti pohon menghadapi hama dan penyakit itu, dia tetap kuat supaya bisa menjadi pohon. Jadi jangan pernah iti terhadap sesuatu, fokuslah pada tujuan kita. Tetap semangat. Salam harjoshrian.

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE