Monday, March 10, 2014

HarJoshRian, Opini: Bencana Banjir Karena Hujan Deras atau Rusaknya Ekosistem Hutan?????



update coretan2ku...
Bencana Banjir Karena Hujan Deras atau Rusaknya Ekosistem Hutan?????



Waktu aku kecil, ketika ku melihat hujan deras dan sangat deras, aku berpikir akan terjadi banjir. Tapi sampai sekarang, di tempat kelahiranku yaitu di Sidikalang, tak pernah terjadi banjir, mau selama atau sederas apapun hujan tersebut. Mungkin aku terobsesi disitu karena banjir itu berasal dari air yang berlebih, yang pastinya dari hujan. Tapi sekarang pemikiranku itu sudah berbeda, banjir apapun namanya itu, bukan karena hujan. Karena hujan dari dahulu sudah ada, tapi tak pernah terjadi banjir.
Sekarang aku berpikir jauh lagi, ternyata banjir itu bukan karena hujan.memang hujan membawa air yang berlimpah, tapi apabila ekosistem daerah itu bagus gak aka nada itu banjir. Tapi karena sudah rusak ekositem sekitar, maka terjadilah banjir, karena tidak ada lagi yang menahan air itu, yang mengakibatkan air itu melimpah mengalir di atas permukaan tanah. Sangat jelas bukan karena derasnya hujan. Seperti banjir bandang di Bahorok, Besitang yang datang itu gelondongan kayu, yang memastikan ekosistem hulu itu sudah rusak. Pasti bukan alam yang merusak, bukan pohon-pohonnya yang bunuh diri, bukan hewan-hewan yang membunuh tumbuh-tumbuhan tersebut. Tapi manusia yang secara sadar merusak itu semua, untuk kekuasaan berbagai pihak, dan mencari kambing hitam ketika adanya bencana, seperti banjir. Hujan yang tak tahu apa-apa menjadi kambing hitam oknum yang tidak bertanggung jawab.
Jadi, banjir itu bukan karena hujan tapi karena manusia yang merusak ekosistem hutan. Mari kita jaga hutan kita yang tinggal sedikit ini agar menjadi lebih baik. Supaya ada warisan untuk anak cucu kita nanti.
Salam HarJoshRian.

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE