Tuesday, September 15, 2015

SUKSESI

Secara singkat suksesi adalah  suatu proses perubahan komunitas tumbuhan secara teratur mulai dari tingkat pionir (tumbuhan pertama) sampai pada tingkat klimaks di suatu tempat tertentu. Komunitas kimaks adalah komunitas yang berada dalam keadaan seimbang dan dianamis dengan lingkungannya.


faktor penyebab suksesi:
  • faktor iklim yaitu fluktuasi iklim yang tidak konsisten, kekeringan, radiasi yang kuat, dan lain-lain yang merusak vegetasi sehingga menjadi terjadi suksedi
  • faktor topografi dan edafis, merupakan faktor yang berkaitan dengan tanah yang membawa peubahan habitat, yaitu erosi tananh dan deposisi tanaj
  • faktor biotik yaitu penggembalaan, penebangan, deforestasi, hama dan penyakit, perdagangan, dll.
Tipe-tipe suksesi:
  1. hidrosere adalah suksesi tumbuhan yang terjadi di habitat air atau basah
  2. Halosere adalah suksesi tumbuhan yang terjadi di tana dan air masin
  3. Xerosere adalah suksesi tumbuhan yang terjadi di habitat kering. tumbuhan pionirnya berupa lumut kerak, bakteria, dan ganggang.
  4. Psammosere adalah suksesi tumbuhan yang terjadi di habitat berpasir
  5. Lithisere adalah suksesi tumbuhan yang terjadi di oermukaan batuan
  6. Serule adalah miniatur suksesi mikrioganisme bakteri, jamur, pada pohon yang mati, kulit pohon dll..
tahap-tahap suksesi menurut Shukla dan Chandel (1932), antara lain: Nudation, Migrasi, Ecesis, Agregation. Evolution of Mommunity relationship, Invation, Reaction, Stabilization, Klimaks.

Macam Suksesi, terdiari dari:
Suksesi primer yaitu perkembangan vegetasi mulai dari habitat tak bervegetasi hingga mecapai masyarakat yang stabil dan klimaks.
Suksesi sekunder, yaitu yang terjadi pabilakimaks yang normal terganggguatau dirusak, misalnya oleh kebakaran, perladangan, penebangan, penggembalaan, dan kerusakan2 lainya..

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE