Sunday, April 23, 2017

CRAZY BUSY | Tiga Bahaya yang Perlu Dihindari | Bahaya Kedua adalah Kesibukan Bisa Merampok Hati Kita...


Seorang penabur menaburkan benihnya denga sembarangan Sebagian di jalan dan burung-burung memakannya. Sebagian di tempat berbatu, tumbuh dengan cepat tapi kemudian latu karena panas matahari. Dan semakin jatuh di semak berduri, yang menghimpitnya sampai mati. Ada perkembangan dalam perumpamaan Yesus (Mrk. 4:1-20). Di sebagian hati orang, Firman Allah tidak berdampak apa-apa. Setan mengampilnya ketika itu ditaburkan. Di sebagian hati yang lain, Firman Tuhan sempat bertumbuh tapi kemudian langsung layu. Penindasan dan kesulitan membuat mereka tidak ingin menjadi orang Kristen. Tetapi pada kelompok ketiga benih firman sempat tertanam lebih dalam. Tanamannya sempat bertumbuh dan hampir menghasilkan buah. Itu terlihat seperti tanah yang baik. Kehidupan baru sepertinya sedang terjadi. Segala sesuatu sedang berjalan dengan baik menuju panen. Sampai semak berduri menghimpitnya. 

John Calvin berkata bahwa hati manusia adalah "suatu hutan semak berduri". Yesus menyebut dua semak secara khusus. Pertaman Dia sebur "kekuatiran dunia ini" (Mrk. 4:19). Apakah anda tahu mengapa retret, perjalanan misi, amp musim panas, dan konferensi Kristen hampir selalu baik bagi pertumbuhan rohani Anda? Karena Anda menyisihkan waktu untuk menghadirinya. Anda pergi keluar. Anda keluar dari kegilaan sehari-hari menjalani suatu akhir minggu dan menemukan tempat untuk berpikir, berdoa, dan beribadah.

Bagi sebagian besar kita, bukan bidah atau kemurtadan para petinggi yang akan merusak iman kita. Tapi semua kekhawatiran hidup. Anda perlu memperbaiki mobil anda, kemudian pemanas air anda rusak. Anak-anak perlu ke dokter. Anda belum membayar pajak. keuangan anda sedang difisit. Anda belum mengucapkan terima kasih, Anda berjanji pada Ibu anda kalau anda akan datang dan membetulkan keran. Anda sudah tertinggal dalam merencanakan pernikahan. Atasan anda akan datang. Anda memiliki lebih banyak surat lamaran untuk dikirim. Disertasi anda hamoir melebihi batas waktu. Lemari es kosong. Pekarangan anda perlu dirapikan. Gorden anda sudah terlihat tidak bagus. Mesin cuci sudah mengeluarkan bunyi-bunyian. Bagi sebagian besar kita, hidup memang seperti itu, dan menghimpit kehidupan rohani kita.

Semak kedua terkait dengan pertama. Yesus mengatakan pekerjaan Firman ditelan oleh hasrat hal-hal yang lain. Bukan hasrat itu senddiri yang disalahkan. Masalahnya ada pada segala sesuatu yang kkita lakukan untuk merawat semua itu dan segala sesuatu yang kita lakukan untuk mendapat lebih banyak. Sehingga apakah perlu kita menjadi heran apabila orang yang paling tertekan di bumi hidup dalam negara-negara yang paling kaya? Rumah, kapal, berinvestasi, real estate, mobil salju, mobil baru, komputer baru, gadget, video games, make-up baru, DVD baru, unduhan baru. Baru-semua itu membutuhkan waktu. Kita sudah mendengar banyak sekali khotbah yang memperingatkan kita tentang bahaya uang. Tetapi bahaya yang sebenarnya datang setelah anda membelanjakan uang anda. ketika anda memilikinya anda perlu menjaganya tetap bersih, tetap bisa berfungsi, dan mengikuti perkembangannya. Jika kekhawatiran hidup tidak menghancurkan kita, perawatan hal-hal seperti itu yang menggantikannya.

Yesus tahu apa yang sedang dia katakan. Selain kita harus berdoa melawan setan dan berdoa bagi gereja yang ditindas, Yesus memiliki ancaman terbesar terhadap Injil adalah kelelahan. Kesibukan telah membunuh lebih banyak orang Kristen daripada peluru. Berapa banyak khotbah yang telah hilang kuasanya akibat harus mempersiapkan makan malam yang mewah dan menonton pertandingan sepak bola? Berapa banyak penderitaaan yang menjadi sia-sia karena tidak bisa duduk diam untuk belajar darinya? Berapa banyak waktu pribadi dan ibadah keluarga telah digantikan oleh pertandingan sepak bola dan proyek sekolah? Kita perlu menjaga hati. Benih firman Tuhan tidak akan berbuah tanpa dirawat melalui istirahat, saat teduh, dan berdiam diri...

Salam Harjoshrian...

Sumber buku Crazy Busy karya Kevin DeYoung..

Saranku beli dan baca bukunya. Membaca secara keseluruhan akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam...


No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE