Wednesday, December 14, 2016

Sejarah Lagu Rohani "Malam Kudus"

Aku semakin tertarik mencari tahu sejarah lagu. Sudah lama sebenarnya aku ingin mencari tahu nya, tapi belum terlaksana. Kemarin ketika natal, pendetanya banyak membukakan sejarah lagu, dan aku semakin tertarikuntuk mngetahuinya. Karena ada rahasia besar yang sangat memberkati disana...

Lagu Malam Kudus adalah lagu yang sangat terkenal, atau bisa dibilang lagu wajib setiap ibadah natal dimanapun yang diterjemahkan ke berbagai bahasa. Bagaimana Sih sejarah lagu yang meluluhlantakkan ini?

Dia adalah Joseph Mohr... Penulis lirik lagu Malam Kudus yang fenomenal ini.  Begini sejarah singkat tentang Joseph Mohr...

Kisah lagu “Malam Kudus” berawal dari sebuah kota yang indah bernama Salzburg di Austria. Di tengah semarak dan megahnya kota yang dipimpin oleh Prince Archbishop, tinggallah seorang penenun sederhana bernama Anna. Anna, sebatang kara di dunia ini, hidup sangat sederhana, hampir tak ada harapan untuk meningkatkan taraf hidupnya atau bahkan untuk menikah. Suatu ketika, ia jatuh cinta kepada seorang prajurit yang ditempatkan di Salzburg. Dari prajurit itu ia mengandung seorang bayi yang dilahirkannya pada tanggal 11 Desember 1792. Malangnya, sang prajurit tak hendak bertanggung-jawab atas puteranya dan meninggalkan Anna serta sang bayi untuk memperjuangkan hidup mereka sendiri. Walau demikian, Anna menambahkan nama keluarga sang prajurit kepada nama bayinya, yang ia namakan Joseph Mohr. Menjadi seorang ibu tanpa pernah menikah, dengan seorang anak haram, Anna harus menghadapi cemoohan dan penolakan masyarakat. Pada akhirnya, ia minta kepada algojo kota untuk menjadi wali baptis bagi bayinya Joseph.


Anna memberikan yang terbaik yang mampu ia berikan bagi Joseph. Ia sadar bahwa pendidikan yang baik akan memberikan harapan akan masa depan yang lebih baik bagi puteranya. Imam paroki setempat mengetahui kecemerlangan Joseph dan juga bakatnya menyanyi. Ia mengatur agar Joseph dapat bersekolah di sekolah biara yang terkenal di Kremsmunster. Di sana, Joseph muda menonjol dalam pelajaran-pelajarannya. Di kemudian hari ia merasakan panggilan untuk menjadi seorang imam dan masuk seminari pada usia 16 tahun. Akhirnya, ketika siap untuk ditahbiskan pada usia 22 tahun, Joseph membutuhkan dispensasi khusus sebab ia tak mempunyai seorang ayah.


Joseph Mohr ditugaskan sebagai pastor pembantu di Gereja St. Nikolaus di Oberndorf, sekitar 10 mil baratlaut kota Salzburg, di tepi Sungai Salzach. (Gereja St. Nikolaus dihancurkan banjir pada tahun 1899, tetapi sebuah kapel peringatan berdiri di sana hingga sekarang.) Paroki di mana ia ditempatkan sangat sederhana, imam parokinya keras dan hemat, begitulah halusnya.
hmmm, kalau dilihat-lihat, pencipta lagunya kok gitu ya sejarah hidupnya. Tapi itu lah Kuasa Tuhan, tidak pandang bulu, siapapun bisa dipakaiNya. 
Bagaimana Sejarah Pembuatan Lagu ini?
Ketika itu adalah Natal pada Tahun 1818, di Gereja St Nicholas di Oberndorf bei Salzburg, Austria.  Banyak versi yang bisa kita lihat di Internet mengenai sejarah lagu ini. Tapi yang pasti Penulisnya adalah Joseph Mohr, dan penulis melodi nya adalah Franz Gruber yang merupakan sahabat Joseph Mohr (guru organ dan koor).
Natal Tahun 1818 akan terlaksana. Malam Natal biasanya harus meriah diiringi dengan lagu dan alat musik, dan gereja tempat Mohr melayani adalah salah satu pemilik alat musik itu. Tetapi, siapa yang menyangka. Beberapa hari sebelum malam Natal itu, alat musik organ itu rusak. Joseph Mohr bingung, uang untuk memperbaiki tidak ada, karena kondisi nya daerah itu sedang dilanda krisis. 
Dia pun membuat lirik lagu Malam Kudus dengan judul Asli "Stille Nacht". Setelah lirik selesai, diapun menjumpai sahabatnya Franz Gruber untuk membantunya membuat melody lagu tersebut. Semua selesai tepat sebelum malam Natal tersebut. MMereka membawakan lagu itu dengan sederhana hanya menggunakan gitar. Tapi lagu itu mendapat sambutan hangat dari jemaat...
Sebenarnya lagu Malam Kudus ini sempat tidak dikenal atau dilupakan. Tapi ketika seorang komponist Inggris/Amerika(gkjelas) menerjemahkannya ke dalam English dengan judul Silent Night, baru lah lagu ini semakin terkenal lagi. 
Lagu yang menyejukkan jiwa, dengan lirik sederhana tapi mendalam untuk merenungkan Natal itu. Joseph Mohr dan Franz Gruber menciptakan karya yang tidak bisa dilupakan oleh orang di seluruh dunia... Bisa kita lihat sejarah, lagu ini dinyanyikan secara bersamaan oleh tentara Prancis, Inggris, dan Jerman selama gencatan senjata perang Dunia pertama natal 1914. Kenapa? Karena cuma lagu ini yang mereka semua sama-sama ketahui...
dan PBB pun menyebutkan ini, salah satu Warisan Bukan Benda oleh Organisasi PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (Unesco). 
 ===========================================
Mungkin banyak sekali versi tentang sejarah lagu ini. Tapi satu yang pasti, ini Karena Tuhan menyertai. Lagu itu tidak akan bisa dibuat tanpa pengenalan Joseph Mohr akan Tuhan, pastilah karena dia sangat tekun dan mengenal Tuhan yang dia sembah. Dan Tuhan juga tidak tinggal diam, suatu karya yang luarbiasa itu, yang hampir saja hilang, Dia tunjukkan kembali ke dunia melalui terjemahan Silent Night yang kita kenal dengan Malam Kudus... Luar biasa, pasti...
Salam harjoshrian... 

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE