Tuesday, December 6, 2016

Silvika dan Silvikultur Hutan

 

Pengertian Silvika dan Silvikultur Kehutanan

Apakah yang dimaksud dengan Silvika dan Silvikultur itu??
Untuk mengetahuinya simaklah urain tentang Pengertian Silvika dan Silvikultur Kehutanan dibawah ini.

Kehutanan ialah ilmu, seni dan praktek mengurus dan mengelolah sumberdaya hutan secara lestari bagi manfaat manusia. silvikultur menempati dan memainkan peranan sentral dalam setiap kegiatan kehutanan yang lestari. Jadi, silvikultur merupakan tiang utama dalam kehutanan.
silvikultur dapat disebut Ilmu pembinaan hutan, dengan ruang lingkup mulai dari pembibitan, persemaian, penanaman lapangan, penyulaman, pemeliharaan hutan, dan cara-cara permudaannya. Termasuk kedalam sivikultur ialah pengetian tentang persyaratan tapak atau tempat tumbuh pohon perilakunya terhadap berbagai intensitas cahaya matahari dan kemampuan pohon untuk tumbuh secara murni atau campuran, serta hal-hal lainnya yang dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon.
Pengertian Silvika adalah ilmu yang mempelajari sejarah hidup dan ciri-ciri umum pohon beserta tegakan hutan dalam kaitannya dengan faktor-faktor lingkungannya (Arif 2001). Jadi, silvika merupakan dasar bagi penerapan ilmu silvikultur.
Ilmu Silvika secara garis besarnya mempelajari :

  1. Proses-proses hidup tumbuh-tumbuhan, terutama pohon, yang membutuhkan pengetahuan tentang proses-proses kimia yang berhubungan dengan aktivitas biologis yang terjadi,
  2. Persyaratan tumbuh suatu tumbuh-tumbuhan, khususnya pohon, yang berhubungan dengan berbagai faktor, yaitu air, tanah, atmosfir, cahaya, biotik serta faktor-faktor kompleks yang berguna untuk optimalisasi pertumbuhannya
  3. Tentang adaptasi tumbuh-tumbuhan pada kondisi lingkungan tertentu.
Pengertian Silvikultur adalah ilmu dan seni menghasilkan dan memelihara hutan dengan menggunakan pengetahuan silvika untuk memperlakukan hutan serta mengendalikan susunan dan pertumbuhannya.

Pada umumnya Sistem silvikultur yang digunakan di Indonesia adalah TPTI (Tebang Pilih Tanam Indonesia) dengan satu aturan untuk seluruh hutan alam di Indonesia, karena sistem ini adalah sistem silvikultur yang relatif paling aman untuk diterapkan dibanding yang lain dalam hal jasa lingkungannya. Dalam sistem ini tidak ada batasan maksimum untuk jumlah volume kayu atau jumlah batang yang dapat ditebang per satuan areal. Dimana dengan penebangan terlalu banyak pohon di setiap unit areal dapat mengakibatkan terciptanya kondisi yang mengganggu pertumbuhan jenis-jenis kayu komersial.
Jadi, Pengertian Silvika dan Silvikultur Kehutanan itu adalah Dasar ilmu kehutanan yang mempelajari semua tentang budidaya pertumbuhan dan perkembangan tanaman hutan.
SalamHarjoshrian

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE