Tuesday, January 12, 2016

PENERAPAN GUDANG PIRAMIDA UNTUK MENJAGA KEAWETAN HASIL KOMUNITI AGRO

 
Hai sobat blogger. Ini adalah tugas yang pernah kami buat dari satu mata kuliah di Kehutanan USU. Kebetulan yang bertugas mengumpul dan mengupload nya adalah aku. Waktu buka-buka laptop,lihat ini lagi, karena tugas ini waktu aku semester 6. Kalau dismpan-simpan, gak ada gunanya juga samaku, jadi aku bagikan saja di sini. Manatau ada yang memerlukannya. Selamat membaca... Salam Harjoshrian...


*****



Paper Gagasan Agroindustri                                                                         Medan,   Maret 2014




PENERAPAN GUDANG PIRAMIDA UNTUK MENJAGA KEAWETAN HASIL KOMUNITI AGRO



Dosen Penanggung Jawab
Dr. Agus Purwoko, S.Hut., M.Si.


Oleh :
Hamsyah R Harahap
111201134
HUT 5D




PERTANIAN



                                                   










PROGRAM STUDI KEHUTANAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2014


PENDAHULUAN
Latar Belakang
            Dalam komuniti agro, penyimpanan hasil produksi mendapat perhatian penting. Hasil produksi yang hanya bersifat musiman menjadi kendala dalam kontinuetas produksi. Hal ini dikarenakan keawetan hasil produksi harus dijaga.
            Hasil produksi yang bersifat buah, biji-bijian atau bahan pangan lain perlu dijaga keawetannya. Hal ini dikarenakan akan berpengaruh pada kualitas bahan baku sendiri. untuk itu perlu managemen yang tepat pada penyimpanan hasil produksi terutama untuk yang bersifat musiman dan cepat busuk.
            Piramida adalah sebuah bangunan yang memiliki bentuk yang unik. Jika diteliti lebih jauh, ternyata piramida memiliki kemampuan menjaga keawetan benda yang berada didalamnya. Dengan kemampuan inilah piramida dapat menjaga keawetan hasil produksi komuniti agro.

Rumusan Masalah
            Gudang yang dapat menyimpan hasil produksi komuniti agro yang dapat menjadi stock produksi yang bermanfaat bagi kontinuetas pemasaran. Selain itu gudang ini harus dapat mempertahankan keawetan bahan untuk komuniti agro yang bersifat musiman. Desain bangunan harus mudah dikerjakan dan dapat diterapkan oleh petani kecil maupun petani berdasi.

Tujuan
            Tujuan dari gagasan ini adalah :
1.      Membuat hasil produksi komuditi agro lebih awet.
2.      Menjadikan kontinuetas produksi komuditi agro di pasar.



GAGASAN
            Masalah komuniti agro yang bersifat musiman seperti buah adalah kontinuetas produksi. Untuk itu perlu dilakukan stock bahan agar tersedia bagi pasar. Ditambah lagi permintaan yang bersifat naik turun menambah faktor yang harus dilakukan untuk kontinuetas produksi.
            Dalam hal penyimpanan, keawetan bahan adalah target utama. Untuk komuniti agro yang cepat busuk penanganan terhadap keawetan sangatlah penting. Salah satu desain bangunan yang dapat mempertahankan keawetan adalah piramida.
Dikutip dari heath kompas (2008) Janti Atmodjo, ahli metafisik dari Klinik Sanjiwani mengatakan, piramida punya efek dehidrasi (mengeringkan) sehingga mampu mengawetkan dan meningkatkan kualitas benda tertentu. Bahkan proses pembusukan dan pertumbuhan jamur  bisa terhenti karena ditaruh di dalam ruang berbentuk piramida. Namun perlu diingat, pele-takan benda itu harus tepat berada pada ketinggian sepertiga dari alas piramida. Itulah yang disebut sebagai titik konservasi yang merupakan pusat energi tempat getaran atau  vibrasi energi menjadi satu.
Dengan kata lain piramida adalah salah satu desain bangunan yang cocok dijadikan sebagai gudang penyimpanan hasil komuditi agro dalam mempertahankan keawetan. Masalah lain adalah bagaimana bisa piramida dapat mempertahankan benda yang cepat membusuk.
Piramida dapat menyimpan sayuran, buah dan lain lain dengan cara bahan akan terisi dengan daya vital dan energy. Namun bahan akan sedikit mongering tetapi tidak membusuk. Hal ini dikarenakan bahan akan kehilangan sebagian cairanya namun tidak mengubah rasa. Selain itu desain bangunan piramida memiliki manfaat positif lainnya yang akan berdampak baik bagi bahan baku.
Piramida dapat memiliki kemampuan seperti itu dengan beberapa alasan. Salah satunya adalah ion negative yang terdapat pada piramida. Apa sebenarnya ion negative yang mempunyai efek begitu menakjubkan ini?? Ion adalah atom yang mempunyai ion negative atau positif. Pada atom jumlah muatan muatan positif dan negative sebanding , sehingga atom tidak memiliki muatan. Tapi oleh karena sesuatu sebab, beberapa electron dapat meninggalkan atom (disebut juga electron bebas), sehingga atom berubah menjadi ion positif atau sebaliknya menerima electron bebas sehingga atom berubah menjadi ion negative, ion – ion ini tidak stabil dan cenderung untuk berikatan. Selain ion negative dalam piramida, beberapa peneliti juga menemukan bahwa piramida mengandung daya magnet yang besar. Bahkan besar kekuatan magnet di dalam ruang raja adalah 4 kali di luar piramida. Sedangkan besar kekuatan megnet di bagian tembok adalah 2 kali bagian tengah (ruang raja). Artinya , kekuatan magnet di tembok piramida adalah 8 kali dari pada besar di luar piramida (andhikawardana, 2009).
Permasalahan lain dalam penerapan gagasan ini adalah cara membuat piramida. Sebenarnya piramida dapat dibuat dengan bahan apapun. Karena desain piramida yang memberikan manfaat. Namun akan lebih baik lagi manfaatnya jika menggunakan bahan baku  seperti piramida yang asli.

Strategi Penerapan
            Penerapan desain piramida sebagai gudang penyimpanan hasil prodiksi komiditi  agro diharapkan diterapkan oleh para petani kecil maupun petani berdasi dalam upaya mempertahankan keawetan bahan baku. Untuk pembuatan bangunannya dapat dilakukan dengan menggunakan bahan baku seperti baja ringan dan semen.
            Penerapan gudang  dengan desain piramida dapat dilakukan untuk komuniti agro yang bersifat musiman seperti buah dan sayur. Diharapkan gudang ini dapat memberi stock bahan baku yang akan berguna dalam mengimbangi permintaan pasar.



KESIMPULAN
            Kesimpulan dari gagasan ini adalah :
1.      Gudang penyimpanan dengan desain piramida dapat menjadi penyimpanan hasil produksi komuditi agro sebagai stock pasar
2.      Gudang penyimpanan dengan desain piramida dapat mempertahankan keawetan bahan baku sehingga tidak mudah membusuk terutama untuk komuditi yang bersifat musiman
3.      Gudang penyimpanan dengan desain piramida dapat diterapkan untuk petani kecil dan petani berdasi


DAFTAR PUSTAKA



No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE