Tuesday, January 12, 2016

Usaha Pembuatan Redvel Cake dan Jelbit Candy dari Ekstrak dan Ampas buah Bit (Beta vulgaris) sebagai Penangkal Penyakit Degenerative.





Hai sobat blogger. Ini adalah tugas yang pernah kami buat dari satu mata kuliah di Kehutanan USU. Kebetulan yang bertugas mengumpul dan mengupload nya adalah aku. Waktu buka-buka laptop,lihat ini lagi, karena tugas ini waktu aku semester 6. Kalau dismpan-simpan, gak ada gunanya juga samaku, jadi aku bagikan saja di sini. Manatau ada yang memerlukannya. Selamat membaca... Salam Harjoshrian...

*****
Hafizah Arina
A.    JUDUL PROGRAM
Usaha Pembuatan Redvel Cake dan Jelbit Candy dari Ekstrak dan Ampas buah Bit (Beta vulgaris) sebagai Penangkal Penyakit Degenerative.

B., LATAR BELAKANG MASALAH
           Memiliki tubuh yang sehat sudah menjadi dambaan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat melakukan segala aktivitas dengan baik. Berbagai cara dilakukan masyarakat agar tubuhnya senantiasa terbebas dari segala macam penyakit. Mulai dari pengobatan medis hingga berbagai terapi dan pengobatan alternative. Hal penting yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap bugar dan sehat adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dan berimbang, mengatur pola makan, dan olahraga yang teratur. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Apabila asupan yang masuk ke dalam tubuh, seperti lemak atau zat pengawet makanan berlebihan maka akan berefek tidak baik bagi kesehatan, bahkan dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kolesterol, stroke, kanker , dan lain lain.
           Buah bit (Beta vulgaris) kaya akan karbohidrat yang mudah menjadi energy dan antioksidan serta melancarkan pencernaan ternyata khasiatnya luar bisaa. Bila dikonsumsi rutin, bahan pangan ini ampuh menurunkan berat badan, membuat daya tahan tubuh lebih kuat dan fit, memperkuat fungsi darah, mengatasi anemia serta berbagai khasiat lainnya.…………………………….                
           Kini banyak produk makanan yang menawarkan berbagai khasiat yang menyehatkan bagi tubuh. Buah bit adalah salah satu produk makanan tambahan yang sangat baik bagi kesehatan. Buah bit merupakan tanaman umbi-umbian yang mengandung berbagai macam nutrisi seperti Asam folat, serat, zat besi, Kalium, Vitamin C, Magnesium, Fosfor, , Tembaga, merah, Betasianin, Tripofan, Caumarin.
Oleh karena itu, dalam proposal ini akan dipaparkan membuat sebuah usaha untuk menjual Redvel Cake dengan ekstrak buah bit dan Jelbit Candy dari ampas buah bit. Karena Redvel Cake dan Jelbit Candy tidak hanya digemari oleh anak-anak melainkan remaja dan orang dewasa. Selain itu Redvel Cake dari ekstrak buah bit dan permen jelbit Candy dari ampas buah bit yang kami buat memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sehingga memberikan manfaat bagi siapa yang mengkonsumsinya.

C.    .PERUMUSAN MASALAH
  1. Bagaimana cara membuat Cake dari ekstrak buah bit dan permen jelly dari ampas buah bit?
  2. Apa saja manfaat buah bit yang telah diolah menjadi cake dan permen jelly bagi kesehatan?
  3. Bagaimana prospek penjualan Cake dari ekstrak buah bit dan permen jelly dari ampas buah bit?
                                                                                                                       
D.  TUJUAN PROGRAM
Adapun tujuan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) ini yaitu :
1.      Mengetahui cara pembuatan Cake dari ekstrak buah bit dan permen jelly
2.      Menciptakan produk makanan yang inovatif yang diperuntukkan bagi kesehatan tubuh dan bernilai gizi tinggi seperti Cake dari ekstrak buah bit dan permen jelly dari ampas buah bit.

E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
Adapun luaran yang diharapkan terjadi setelah program kegiatan PKMK ini selesai adalah :
1.    Masyarakat mengenal manfaat buah bit yang bisaanya hanya di jus.
2.    Buah bit dapat dijadikan sebagai makanan olahan yang bergizi dan mampu menangkal penyakit degenerative serta memiliki nilai jual yang tinggi.
3.    Dapat memberikan peluang lapangan pekerjaan baru bagi warga masyarakat.
4.    Setelah program ini selesai diharapkan kegiatan produksi dapat terus berkembang dan dapat menjadi solusi pemecahan masalah ekonomi indonesia.




F.   KEGUNAAN PROGRAM
Buah Bit yang dikonsumsi secara rutin melalui cake dan permen jelly buah bit, ternyata dapat berkhasiat mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit. Khasiat yang jelas dirasakan adalah lancarnya pencernaan dan badan lebih fit dan tidak lekas capek berolahraga. Hal ini yan paling penting tentang vitamin B1, B2, C dan Fosfor. Kandungan bit menyeimbangkan kadar basa dan asam, sehingga sangat bagus bagi keseimbangan tubuh kita.
            Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan buah bit melalui cake dan permen jelly buah bit dan telah teruji secara ilmiah adalah sebagai berikut:
a.       Anti kanker
Betasianin merupakan pigmen yang terkandung dalam buah bit. Pigmen ini bermanfaat untuk mencegah kanker, karena pigmen tersebut mengandung antioksidan yang tinggi dapat menghancurkan sel tumor dan.kanker.

b.      Pembersih alami untuk ginjal dan empedu
Kandungan Kalium 14,8%, Sebagai Obat hati, Pembersih alami untuk ginjal dan kandung empedu. Serta membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh . Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal. Kombinasi bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ penyaring tersebut .Bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut kita, serta masalah wasir.
c.       Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan pembuluh darah
Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Telah terbukti secara nyata minum jus dari umbi bit ini menurunkan hipertensi . Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan untuk cara murah ini untuk menurunkan hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, bahwa minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung. .Dari percobaan menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum jus bit. Tiga sampai 4 jam setelah minum jus bit, penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam. (BBC News, 6 Feb. 2008)
d.      Meningkatkan stamina
Buah bit bisa membantu orang berolah raga lebih lama 16% disebabkan oleh kandungan nitratnya mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capai yang disebabkan oleh olah raga berkurang (Penelitian di Inggris: Univ. of Exeter; BBC News, 6 Agustus, 2009). Karena itu minum jus yang dicampur bit pada malam hari bisa dipakai sebagai jus tonik asmara, menambah enerji dan melancarkan aliran darah.
e.       Penangkal anemia
Bit yang berwarna kemerahan ini dihubungkan dengan warna darah manusia, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.
f.       Mempelancar percenaan
Kandungan serat yang tinggi dapat mempelancar pencernaan dan menyembuhkan masalah pencernaan pada perut. Kandungan serat yang terdapat pada buah bit adalah 13,6%, sangat baik untuk mempelacar pencernaan
            Pada prinsipnya, buah bit berperan dalam meningkatkan daya tana tubuh dan penambah energy yang baik. Dari kandungan berupa zat gizi penting untuk tubuh berbagai penyakit yang masuk ke tubuh dapat ditangkal bila kita mengkonsumsi secara rutin. Selain dapat menyembuhkan berbagai penyakit, dengan mengkonsumsi buah bit kondisi tubuh senantiasa fit dan bugar.
            Oleh karena itu, penjualan Redvel Cake dan Jelbit Candy yang dibuat dari ekstrak dan ampas buah bit ini memberikan manfaat besar bila nanti terimplementasikan. Yaitu bisa mengobati dan mencegah penyakit degeneratif.

G.    GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
  • Kondisi Umum Lingkungan
Manusia pasti tidak lepas dari kebutuhan makanan, karena makanan merupakan kebutuhan primer seorang manusia. Namun dalam memilih makanan masyarakat juga harus selektif untuk memilih makanan yang menyehatkan tidak harus memiliki harga mahal, cukup dengan adanya kandungan gizi pada makanan yang mampu mencukupi kebutuhan gizi pada tubuh kita. Oleh karena itu makanan yang bergizi, enak , dan murah lah yang dicari masyarakat
  • Hasil Survei Kelayakan Usaha
Usaha penjualan cake dari ekstrak buah bit dan permen jelly dari ampas buah bit tidak membutuhkan modal yang terlalu besar namun bisa memberikan keuntungan yang besar. Karena melihat khasiat cake dan permen jelly yang dimodifikasi agar menarik. Tentunya dengan memberikan harga terjangkau kepada konsumen.
  • Peluang Pasar
Cake dan permen jelly tidak hanya digemari oleh anak-anak, namun para remaja dan orang dewasa. Cake dari ekstrak buah bit dan permen jelly dari ampas buah bit selain makanan yang menyehatkan juga bisa dimodifikasi dengan banyak kreasi. Jadi peluang pasar untuk penjualan untuk penjualan cake dan permen jelly ini sangatlah besar. Harga yang terjangkau oleh banyak kalangan juga merupakan peluang untuk mengembangkan usaha ini.
Seperti yang kita lihat saat ini bahwa banyak orang tua yang melarang anaknya untuk membeli cake dan permen karena takut anaknya batuk karena zat pengawetnya. Oleh karena itu dalam karya tulis ini dibahas tentang usaha penjualan cake dengan ekstrak buah bit dan permen jelly dari ampas buah bit yang mampu menangkal penyakit degeneratif dan merupakan makanan yang menyehatkan. Sehingga memungkinkan untuk mencapai jumlah konsumen yang besar.
Secara umum rencana usaha penjualan cake dan permen jelly ini akan diimplementasikan pada daerah-daerah yang banyak dilewati atau dikunjungi oleh masyarakat. Daerah-daerah ini dapat digambarkan sebagai berikut:
1.      Daerah sekolahan yang sasarannya ialah siswa SD,SMP, dan SMA
2.      Pertokoan atau kedai-kedai sekitar lingkungan yang telah dikelilingi untuk perbelanjaan
3.      Kawasan kampus, karena banyak kos-kosan dan mahasiswa

H. METODE PELAKSANAAN
A. Tempat 
Program kewirausahaan ini lokasi produksi dan pemasaran pembuatan cakedari ekstrak buah bit dan permen jeli dari ampas buah bit dilakukan di rumah yang beralamat di Jalan Pancasila  No. K-135 Medan.
B. Langkah – Langkah Pembuatan cake buah bit
            Bahan A:
·         Tepung Terigu                                                 280 gram
·         Bubuk coklat                                                   30 gr
Bahan B:
·         Telur                                                                2 butir
·         Gula pasir                                                        300 gr
·         Vanili                                                              ¼ st
·         Butter Unsalted                                              227 gr
·         Garam                                                                         ½ st
Bahan C:
·         Susu cair evapolated                                       250 cc
·         Perasan jeruk lemon                                        2 sdm
Bahan D:
·         Jus Buah Bit Merah                                        100 cc
·         Baking Soda                                                   1 st




Cara Membuat:

·         Bahan A diayak dahulu
·         Butter, gula, garam, vanili dikocok sampai kembang masukan telur satu persatu kocok terus sampai rata.
·         Lalu masukan bahan C dan D yang telah disring dahulu, kemudian kocok dengan kecepatan yang rendah
·         Terakhir masukan tepung terigu, diaduk rata, tuang ke cup
·         Panggang dengan api 170o C selama 20 menit
·         Tunggu dingin lalu hias dengan cream frosting dan chocochip dan lelehan coklat
Bahan Cream Frosting:
·         Cream cheees                                                  125 gr
·         Gula bubuk                                                     100 gr
·         Bubuk susu                                                     25 gr
·         Butter unsalted                                               50 gr
·         Fress.cream                                                     250.gr
(100 gr wippy cream haan + 150cc air)
Cara membuat chees frosting
·         Campur cream chees, butter bubuk susu, dan gula bubuk lalu kocok hingga lembut, sisihkan
·         Dalam wadah terpisah, kocok fress cream hingga kembang (jadi whip cream, lalu masukkan campuran cream chess, mixer hingga dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata )

C. Langkah – langkah pembuatan Permen jelly buah bit
            Bahan :
·         Ampas buah bit (diperoleh dari sisa pembuatan Redvel cake)
·         Timun suri
·         Gula
·         CMC (bubuk jelly)
·         Tepung Tapioka
Cara Membuat:
  1. ampas buah bit (sisa pembuatan Redvel Cake)
  2. Untuk bahan tambahan yaitu buah timun suri dikupas dan diiris berbentuk balok lalu diblender sampai hancur dengan sedikit penambahan air.
  3. Setelah timun suri hancur, sarinya diambil dengan cara diperas.
  4. Ekstrak atau sari timun suri didiamkan selama 1 jam agar endapannya terpisah dari airnya.
  5. Selanjutnya bahan baku ampas buah bit dan ekstrak timun suri direbus dengan ditambahkan cmc, gula pasir yang dicairkan dan asam sitrat.
  6. Diaduk secara merata sampai bahan baku tercampur dan mengental dan tambahkan tepung tapioka.
  7. Setelah permen jelly telah mengental, diangkat dan kemudian dituang kedalam cetakan dan tunggu sampai dingin.
  8. Permen JelBit yang telah dingin dalam cetakan lalu dipotong-potong dan dikemas dengan kemasan yang menarik          
Buah bit dicuci dan dikupas
 
Bagan Produksi Redvel Cake dan Jelbit Candy



 























H.1. Rencana Pendapatan Penjualan Produk/bulan

        a. Asumsi hasil produksi Redvel Cake dan Jelbit Candy :
Hasil penjualan sebanyak 2000 cup Redvel Cake dan 4000 Jelbit Candy adalah:
Rp 5000 x 2000 = Rp. 10.000.000,00
Rp 1000 x 4000 = Rp.   4.000.000,00

        b. Asumsi Keuntungan :
1. Keuntungan bulan pertama
Keuntungan yang dapat diperoleh dari hasil penjualan Redvel Cake dan Jelbit Candy adalah sebagai berikut:
Keuntungan = Hasil penjualan – Biaya Produksi
                     = Rp 14.000.000,00 – Rp 12.416.000,00
                     = Rp. 1.584.000

Keuntungan jika dihitung dalam persen =   Keuntungan Produksi  x 100% 
                                                                          Biaya produksi
                                                                =   Rp1.584.000 x  100%
                                                                      Rp. 12.416.000,00
                                                                =   12,76 %
Catatan :
Untuk teknis peralatan diperkirakan 1 Tahun sehingga penyusutan peralatan per bulan adalah Rp. 6.670.000,00 : 12 =  Rp 555.833,00
Dari penyusutan tersebut maka keuntungan yang diperoleh pada bulan berikutnya yaitu = Laba kotor – (pembelian bahan dan upah kerja+pembelian peralatan menunjang+ transportasi +penyusutan)
         = Rp.14.000.000,00 – (Rp. 3.396.000,00 + 1.800.000 +Rp 300.000 + Rp.  ............555.833,00)
         = Rp. 14.000.000,00– Rp. 6.051.833,00
        = Rp. 7.948.167,00

Keuntungan jika dihitung dalam persen =   Keuntungan Produksi  x 100% 
                                                                          Biaya produksi

                                                               =   Rp. 7.948.167,00 x  100%
                                                                Rp. 12.416.000,00
                                                               =    64,01 %
Keuntungan kotor 1 Tahun = Keuntungan bulan pertama + sebelas bulan terakhir
                                              = Rp. 1.584.000 + (11 x Rp. 1.584.000)
                                             = Rp. 1.584.000 + Rp. 17.424.000,00
                                             = Rp. 19.008.000,00

                     Perluasan usaha perlu dilakukan kepada masyarakat khususnya mahasiswa, dapat dilakukan dengan mengadakan pelatihan kewirausahaan. Pelatihan ini dapat dilakukan pada bulan kedua dengan anggaran biaya Rp. 1.500.000,00 sehingga laba bersih yang diperoleh selama 1 Tahun yaitu:
Laba bersih   = Laba kotor 1 Tahun – Biaya pelatihan
                    = 19.008.000,00 - Rp. 1.500.000,00
                     = Rp. 17.508.000,00

H.2. Saluran Distribusi
Produk yang dihasilkan berupa produk Jelbit Candy dan Redvel Cake yang dijual per lusin dan didistibusikan ke didistribusikan ke kedai-kedai terdekat. Sedangkan produk kemasan kecil akan dijual ke kantin sekolah, warung dan kantin kampus.
Rencana produksi Redvel Cake selama dan Jelbit Candy selama 1 tahun sebanyak 48 kali, dengan produksi setiap bulan  4 kali. Satu kali produksinya mencapai 2000 Redvel Cake dan 4000 Jelbit Candy. Sehingga dalam satu tahun jumlah produksinya sebanyak 96000 Redvel Cake dan 192000 Jelbit Candy. Dari hasil produksi selama satu tahun diharapkan mampu menghasilkan keuntungan sebesar Rp. 14.508.000,00 dari modal awal sebesar Rp. 12.416.000,00. Untuk meningkatkan perluasan usaha dan pemasaran di Jalan Dr. Mansyur, kampus Universitas Sumatera Utara, dilakukan pelatihan tentang pembuaatan Redvel Cake dan Jelbit Candy dan strategi pemasarannya. Pelatihan ini sasarannya adalah mahasiswa Universitas Sumatera Utara dan masyarakat sekitar. Anggaran biaya yang diperlukan untuk pelatihan ini sebesar Rp 1.500.000,00. Adapun pelaksanaan yang akan direncanakan pada bulan kedua dari produksi awal. 
I.       JADWAL KEGIATAN
Adapun jadwal kegiatan Pembuatan Redvel Cake dan Jelbit Candy dari Ekstrak dan Ampas buah Bit ini adalah sebagai berikut:
Tabel 1. Jadwal Kegiatan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa
NO
Kegiatan
Bulan
I
II
III
IV
V
1
Pengumpulan Bahan Baku dan Pengolahan





2
Pembuatan Cake dan Permen Jelly dengan Ekstrak dan Ampas Buah Bit





3
Pemasaran Produk dan Survey Lokasi





4
Monitoring dan Evaluasi





5
Pembuatan Laporan Akhir






J. RANCANGAN BIAYA
            Modal awal yang dibutuhkan dalam pembuatan Redvel Cake dan Jelbit Candy dengan Ekstrak dan Ampas Buah Bit sebesar Rp.   12.416.000,00
1. Pembelian peralatan
Uraian
Spesifikasi
Jumlah produksi/bulan
Harga Satuan (Rp)
Biaya (Rp)
Kompor
1
-
550.000,00
550.000,00
Gas
1
-
750.000,00
750.000,00
Dandang
1
-
350.000,00
350.000,00
Mixer
1
-
550.000,00
550.000,00
Baskom besar
4
-
50.000,00
200.000,00
Blender
1
-
350.000,00
350.000,00
Pisau dapur
3
-
10.000,00
30.000,00
Stampel
1
-
30.000,00
30.000,00
Wadah cetakan
5
-
25.000,00
125.000,00
Pengocok telur
2
-
50.000,00
100.000,00
Alat penyaring
2
-
10.000,00
20.000,00
Timbangan
1
-
250.000,00
250.000,00
Spatula
2
-
20.000,00
40.000,00
Sendok pengaduk
3
-
15.000,00
45.000,00
Tempat produk
5
-
20.000,00
100.000,00
Stelling penjualan
1
-
2000.000,00
2000.000,00
Toples
4
-
50.000,00
200.000,00
Mangkuk
6
-
30.000,00
180.000,00
oven                   
1
-
800.000,00
800.000,00
Total
6.670.000,00

2. Pembelian peralatan penunjang PKM dalam kegiatan penjualan :
Uraian
Spesifikasi
Jumlah produksi/bulan
Harga Satuan (Rp)
Biaya (Rp)
Cup kertas
2000
4
500,00
1000.000,00
Kantung Plastik
4000
4
100,00
400.000,00
Kemasan permen jelly
4000
4
100,00
400.000,00
Total
1.800.000,00

3. Pembelian Bahan dan Upah Kerja
Uraian
Spesifikasi
Jumlah produksi/bulan
Harga Satuan (Rp)
Biaya (Rp)
Telur
5 papan
4
30.000,00
150.000,00
Buah bit
30 kg
4
15.000,00
450.000,00
Gula pasir
30 kg
4
15.000,00
450.000,00
CMC (bubuk  jelly)
2 kg
4
40.000,00
80.000,00
Lemon
2 kg
4
34.000,00
68.000,00
Timun suri
10 kg
4
5.000,00
50.000,00
Coklat bittersweet
4 batang
4
45.000,00
180.000,00
Susu cream bubuk
2 kg
4
44.000,00
88.000,00
Cocoa
15 pack
4
25.000,00
375.000,00
Choco chip
4 kg
4
45.000,00
180.000,00
Tepung tapioka
3 kg
4
15.000,00
45.000,00
Tepung terigu
20 kg
4
8.000,00
160.000,00
Vanili
2 botol
4
10.000,00
20.000,00
Garam
2 bungkus
4
5.000,00
10.000,00
Butter unsalted
10 pack
4
30.000,00
300.000,00
Mentega
5 kg
4
40.000,00
200.000,00
Susu cair evapolated
8 kaleng
4
15.000,00
120.000,00
Baking soda
4 botol
4
10.000,00
40.000,00
Tepung gula
4 kg
4
10.000,00
40.000,00
Whipy cream
6 kotak
4
20.000,00
120.000,00
Cream chees
4 botol
4
30.000,00
120.000,00
Upah Kerja
3 orang
4
50.000,00
150.000,00
Total
3.396.000,00

4. Pengeluaran Lain-lain
Uraian
Biaya (Rp)
Transportasi untuk 4 kali produksi
300.000,00
Dana Tidak Terduga
250.000,00
Total
550.000,00

Total Pengeluaran
Uraian
Biaya (Rp)
Total Pengeluaran Pembelian Peralatan
6.670.000,00
Total pengeluaran pembelian peralatan penunjang
1.800.000,00
Total Pengeluaran Pembelian Bahan dan Upah Kerja
3.396.000,00
Total Pengeluaran Lain-lain
550.000,00
Total
12.416.000,00

No comments:

LIRIK LAGU TERBARU ROHAKKU - JUN MUNTHE